Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KHLS Putuskan Nasib Semen Rembang Besok

Pada tanggal 30 Maret 2017, Kamis esok, Kajian Lembaga Hidup Strategis akan mengumumkan nasib dari Proyek Pabrik Semen Indonesia yang berada di Rembang.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 Maret 2017  |  20:53 WIB
Foto areal pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, di Gunem, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (22/3). - Antara/Yusuf Nugroho
Foto areal pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, di Gunem, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (22/3). - Antara/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tanggal 30 Maret 2017, Kamis esok, Kajian Lembaga Hidup Strategis akan mengumumkan nasib dari Proyek Pabrik Semen Indonesia yang berada di Rembang.

Hasil kajian KLHS, dianggap akan menjadi penentu nasib industri semen plat merah tersebut Hal ini dikarenakan KLHS merupakan badan yang ditunjuk pemerintah pusat dan daerah memiliki menjadi dasar apakah sebuah proyek yang menyinggung lingkungan hidup akan diteruskan atau diperbaiki pemenuhan syaratnya.

Pada pengumuman hasil kajian esok, jika KLHS tidak menyetujui penutupan pabrik Semen Rembang, maka pabrik semen di utara Jawa tersebut harus ditutup. Asapun risiko dari penutupan pabrik semen tersebut mengancam ribuan tenaga kerja yang ada di pabrik dan berpotensi memberikan pengangguran baru di wilayah Rembang.

Selain itu, stok semen yang ada pun akan berkurang, dan memungkinkan Indonesia harus mengekspor semen dari negara lain

Wakil Sekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade mengkhawatirkan, pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang jadi korban kepentingan kalangan tertentu. Dia menilai, proyek pemerintah yang telah menggelontorkan uang Rp 4 triliun itu juga bisa mensejahterakan masyarakat sana.

"Jangan sampai pabrik semen Rembang dikorbankan karena kepentingan politik. Kami minta jangan ada politisasi, toh manfaat pabrik semen ini juga dirasakan oleh masyarakat," kata Andre, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis.com.

Dia mengatakan apapun hasil yang akan dikeluarkan oleh KLHS akan menentukan nasib banyak pihak maka langkah yang harus diambil oleh KLHS, harus bisa mengakomodir semua kepentingan bersama demi pembangunan yang sudah direncanakan


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top