Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakar: Kredit Perbankan Bukan Dana Hibah, UMKM Perlu Pendampingan

Pakar Hukum Investasi dan Dagang Universitas Sam Ratulangi (Samrat) Manado Sulawesi Utara Jemmy Sondakh menegaskan kredit perbankan kepada masyarakat harus dikembalikan bukan hibah.
UMKM pengrajin bingkai foto/Ilustrasi-Antara
UMKM pengrajin bingkai foto/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, MANADO - Pakar Hukum Investasi dan Dagang Universitas Sam Ratulangi (Samrat) Manado Sulawesi Utara Jemmy Sondakh menegaskan kredit perbankan kepada masyarakat harus dikembalikan bukan hibah.

"Pinjaman pemerintah melalui perbankan bukan hibah, tetapi pemberian modal untuk menguatkan usaha dan harus dikembalikan," kata Jemmy di Manado, Jumat (28/10/2016).

Ia mengatakan perbankan perlu memberi petugas pendampingan kepada debitur/nasabah secara terus menerus, agar tetap membayar sesuai aturan yang berlaku.

Dia mengatakan perbankan harus memberi perhatian serius kepada UMKM tentang pemberian pinjaman agar jangan sampai salah pemanfaatan. "Jadi perlu ada petugas pendampingan agar penyaluran kredit ini benar-benar sesuai sasaran," ungkap Sondakh.

Dia menilai sektor UMKM yang merupakan usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam Undang-undang ini.

Usaha kecil ini kata Sondakh, usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki.

"Bahkan dikuasai atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar," kata Sondakh.

Sondakh menambahkan ciri-ciri UMKM memiliki manajemen berdiri sendiri, modal disediakan sendiri, daerah pemasarannya lokal, aset perusahaannya kecil, dan jumlah karyawan yang dipekerjakan terbatas.

"Asas pelaksanaan UMKM adalah kebersamaan, ekonomi yang demokratis, kemandirian, keseimbangan kemajuan, berkelanjutan, efesiensi keadilan, serta kesatuan ekonomi nasional," kata Sondakh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper