Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UKM Harus Melek Teknologi Informasi Biar Tidak Ketinggalan Jaman

Menkop dan Usaha Kecil Menengah Puspayoga menegaskan UKM sudah harus melek dan menggunakan internet sebagai bagian dari strategi pemasaran maupun branding produknya.
Ilustrasi-UKM Gallery/smescoindonesia
Ilustrasi-UKM Gallery/smescoindonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Menkop dan Usaha Kecil Menengah Puspayoga menegaskan UKM sudah harus melek dan menggunakan internet sebagai bagian dari strategi pemasaran maupun branding produknya. Hal itu karena era digitalisasi sudah.menjadi bagian tak terpisahkan dari perdagangan domestik maupun pasar internasional.

"Makanya kalau ndak mau ketinggalan kereta, digitalisasi UKM sudah jadi keharusan," ujarnya dalam rilis ketika meresmikan Kampung UKM digital, di  Pusat Layanan Terpadu (PLUT ) KUKMK Cianjur, Kamis.(20/10/2016). Kampung UKM Digital.ini merupakan hasil.kerjasama dengan PT Telkom.

Menurut Puspayoga dengan pemasaran via digital ini diyakini akan meningkatkan penjualan produk UKM, untuk selanjutnya diikuti dengan peningkatan produksi dan produktifitas UKM pun bisa naik. "Tantangan UKM digital selanjutnya adalah bagaimana bisa  menjaga kontinuitas dan kualitas produk. Kalau ini bisa dilewati, maka UKM tersebut akan sukses dan cepat berkembang," tambahya.

Menkop juga menyampaikan penghargaannya kepada  PT Telkom yang begitu men support program digitalisasi UKM. " Saya melihat sendiri kesungguhan Telkom dalam membangun kampung UKM digital ini di berbagai daerah, tingggal kuta mensinkronkan program ini dengan PLUT,"  tambah Menkop yang jugan pernah menjabat walikota Denpasar ini.

Kementerian Koperasi dan UKM sendiri  menargetkan 50% dari 49 PLUT KUKMK  bakal  jadi klinik bisnis Kampung UKM Digital hasil kerjasama dengan PT Telkom.

“Secara bertahap dari 49 PLUT- KUKMK yang ada di 25 propinsi dan 24 Kabupaten diseluruh Indonesia akan jadi kampung UKM Digital, yang menjadi klinik bisnis bagi sentra usaha KUKMK setempat, ujar Deputi Bidang Restrukturissi Usaha Kemenkop dan UKM, Yuana Sutyowati dalam kesempatan yang sama.

Dia mengaku target itu cukup menantang, akrena untuk mencapainya harus melihat juga kemampuan Pemda setempat yang sudah diserahi mengelola PLUT  dan juga Telkom wilayah. Dari 49 PLUT KUKMK yang ada sudah 19 yang diserahterimakan kepada Pemda untuk dikelola. “Yang jelas nantinya semua PLUT akan masuk era digitalissasi,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper