Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Protein Kambing Lebih Tinggi dari Sapi

Jumlah protein yang terkandung pada seekor domba dan kambing jauh lebih tinggi daripada sapi, baik dari daging maupun susu.
Peternak kambing. /Antara
Peternak kambing. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Protein kambing dan domba dinilai lebih tinggi kandungan gizinya daripada sapi.  

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan jumlah protein yang terkandung pada seekor domba dan kambing jauh lebih tinggi daripada sapi, baik dari daging maupun susu.

"Protein yang ada pada domba dan kambing 20-27%, sedangkan sapi 22-24%. Jadi (proteinnya) lebih tinggi. Kita jangan hanya swasembada daging, tetapi protein," kata Menteri Amran pada Kontes Domba Garut di Kebun Raya Bogor, Sabtu (27/8/2016).

Amran mengatakan pemerintah berencana untuk swasembada protein hewani, tidak hanya fokus pada swasembada daging sapi saja.

Menurut dia, populasi domba dan kambing pada 2011-2015 tumbuh rata-rata 5,8% per tahun. Pada 2015, populasi ternak mencapai 36 juta ekor.

"Perkembangan domba saat ini semakin baik. Jumlah domba di Indonesia mencapai 17 juta ekor dan kambing 19 juta ekor. Insya Allah tahun depan kami mendorong untuk ekspor," ujar Amran.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo mendorong peran dan kontribusi ternak domba dan kambing untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat.

"Domba dan kambing berkembang biak cepat sekali, jadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein. Ini perlu didorong," kata Presiden.

Presiden mengungkapkan ternak kambing dan domba tidak membutuhkan lahan yang luas seperti ternak sapi, sedangkan kandungan proteinnya justru lebih bagus.

Dalam acara temu wicara dan kontes domba di Kebun Raya Bogor ini, Presiden juga menyebut daging kambing tidak menyebabkan kolesterol dan darah tinggi.

"Saya sering makan sate kambing, tapi kolesterol saya rendah. Kecuali kalau makan jeroannya," kata Presiden di depan peserta temu wicara yang diinisiasi Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper