Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Rokok Bakal Rumahkan Sekitar 10.000 Pekerja

Bisnis.com, JAKARTA Industri rokok diperkirakan harus mengikuti langkah tahun lalu untuk memangkas tenaga kerja hingga 10.000 orang.
Shahnaz Yusuf
Shahnaz Yusuf - Bisnis.com 10 Agustus 2015  |  20:14 WIB
Industri Rokok Bakal Rumahkan Sekitar 10.000 Pekerja
Pabrik rokok. - samperna.com

Bisnis.com, JAKARTA – Industri rokok diperkirakan harus mengikuti langkah tahun lalu untuk memangkas tenaga kerja hingga 10.000 orang.

Sekretaris Jenderal Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri) Hasan Aoni Aziz mengatakan hal ini salah satunya disebabkan oleh perubahan tren konsumsi sigaret kretek tangan (SKT) menjadi sigaret kretek mesin (SKM).

“Ada penurunan untuk konsumsi sigaret kretek tangan, dan diikuti dengan kenaikan yang hampir sama besarnya di sigaret kretek mesin. Ini berpengaruh dengan tenaga kerja, karena SKT itu banyak menyerap tenaga kerja dibanding yang dengan mesin,” jelasnya kepada Bisnis.com, Senin (10/8/2015).

Kendati belum ada laporan resmi dari anggota asosiasi, Hasan mengatakan bahwa diperkirakan aksi 'merumahkan' karyawan ini bisa berdampak pada sekitar 10.000 orang, hampir sama dengan jumlah tahun lalu.

“Diperkirakan akan begitu. Kalau ada kenaikan, ya naik sedikit mungkin. Biasa laporan anggota setelah semester pertama atau menjelang akhir tahun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri rokok
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top