Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CFM Internasional Dukung Perawatan MAX 8 Garuda Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia dan pabrikan mesin pesawat CFM Internasional melakukan kolaborasi penyediaan dukungan mesin pesawat LEAP-1B untuk armada B737 MAX 8 yang bakal didatangkan pada 2017.
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Nurul Hidayat
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA- Maskapai Garuda Indonesia dan pabrikan mesin pesawat CFM Internasional melakukan kolaborasi penyediaan dukungan mesin pesawat LEAP-1B untuk armada B737 MAX 8 yang bakal didatangkan pada 2017.

Dalam kerja sama ini CFM Internasional akan memberikan dukungan peningkatan kapasitas dan kapabilitas para teknisi Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, anak usaha Garuda Indonesia, untuk melakukan perawatan mesin B737 MAX 8.

Kesepakatan ini sejalan dengan kerjasama Garuda Indonesia dengan Boeing Commercial Airplanes terkait rencana pengadaan 50 pesawat B737 MAX 8 yang diumumkan pada perhelatan Paris Airshow 2015.

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo menyatakan, pihaknya bangga dapat melanjutkan kolaborasi dengan CFM Internasional yang telah berlangsung sejak beberapa tahun silam. Pesawat B737 NG dengan mesin CFM56-7B menurutnya akan menjadi tulang punggung armada Garuda .

“Kerja sama penyediaan dukungan untuk armada B737 MAX 8 ini merupakan bentuk komitmen kami untuk terus menghadirkan teknologi paling modern dan mesin pesawat terefisien dalam penggunaan bahan bakar yang ada saat ini,” terangnya sesuai pendatanganan kerja sama Rabu (29/7).

Sementara itu, Regional General Manager of Sales for CFM International Max York mengungkapkan, bahwa Garuda Indonesia merupakan salah satu konsumen utama CFM dan perusahaan itu bakal mendukung sepenuhnya upaya pemeliharaan mesin pesawat.

“Kami telah membangun hubungan yang sangat baik dengan Garuda Indonesia selama bertahun-tahun dan kami sangat menantikan momen untuk memperkenalkan mesin LEAP dalam armada Garuda Indonesia,” terangnya.

Pesawat B737 MAX 8 yang merupakan pengembangan dari B737-800NG menggabungkan teknologi mesin CFM International LEAP-1B terbaru, sayap Advanced Technology dan peningkatan sejumlah fitur lainnya untuk memberikan efisiensi tertinggi serta meningkatkan kehandalan dan kenyamanan penumpang di kelas armada single-aisle.

Mesin LEAP diklaim sebagai yang tercanggih, terhandal, paling efisien dalam penggunaan bahan bakar untuk generasi terbaru single-aisle dengan bobot yang lebih ringan dan daya tahan yang lebih tinggi, komponen tersebut akan menghasilkan peningkatan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar hingga 15%, penurunan emisi CO2, margin 50% terhadap peraturan emisi baru, tingkat kebisingan yang lebih rendah, dan biaya operasional yang lebih rendah secara keseluruhan.

Kolaborasi antara Garuda Indonesia dan CFM International telah berlangsung sejak lama melalui pengoperasian mesin CFM56-3 untuk armada Boeing 737-300 di akhir 1990-an. Hingga saat ini, hampir sebanyak 80 mesin CFM digunakan pada pesawat tipe 737 yang dioperasikan Garuda Indonesia.

Pada event Paris Airshow 2015 lalu, Garuda Indonesia juga memastikan kembali pemesanan 50 pesawat narrow body tipe terbaru B737 MAX 8 yang telah dilakukan pada Oktober 2014 lalu, sebagai penggantian (natural replacement) pesawat B737-800NG yang akan berakhirnya masa sewanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper