Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Jajaki Kerja Sama dengan Negara-negara Eksportir Minyak

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengadakan pertemuan bilateral dengan negara-negara pengekspor minyak untuk menjajaki kerja sama di bidang energi dan sumber daya mineral.
Menteri ESDM Sudirman Said/Antara
Menteri ESDM Sudirman Said/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengadakan pertemuan bilateral dengan negara-negara pengekspor minyak untuk menjajaki kerja sama di bidang energi dan sumber daya mineral.

I.G.N. Wiratmaja Puja, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, mengatakan pertemuan tersebut berlangsung dalam rangkaian 6th International Seminar OPEC yang dilaksanakan pada 3-4 Juni 2015 di Wina. Seminar ini mengangkat tema Petroleum: An Engine for Global Development. Sudirman menghadiri seminar tersebut atas undangan OPEC.

Selain menghadiri seminar, tambahnya, kunjungan ke Wina akan dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan negara-negara pengekspor minyak yaitu Iran, Irak, Angola, Arab Saudi dan Kuwait. "Pertemuan tersebut diproyeksikan untuk membangun relasi yang baik dengan negara-negara tersebut untuk memudahkan kerja sama di bidang energi dan sumber daya mineral," katanya seperti dikutip dalam laman resmi Ditjen Migas Kementerian ESDM di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Dalam kunjungan tersebut, Sudirman didampingi Wiratmaja Puja dan Kepala Unit Pengendalian Kinerja Widhyawan Prawiraatmadja. Seminar Internasional OPEC ke-6 ini akan menjadi forum untuk mendengar secara langsung isu-isu terkini dunia minyak dan gas dari menteri-menteri negara anggota OPEC dan CEO perusahaan minyak internasional. Selain itu, peserta seminar juga dapat membagi pengalaman dan berpartisipasi dalam diskusi mengenai tantangan industri dan dapat bertemu dengan kolega bisnis.

Program dalam seminar internasional dibagi menjadi lima sesi, yakni Gambaran Umum Energi Global, Stabilitas Pasar Minyak, Kapasitas dan Investasi Produksi, Teknologi dan Lingkungan, dan Diskusi Panel: Prospek untuk Ekonomi Dunia dengan pembicara adalah Menteri-Menteri Energi negara anggota OPEC, Sekretaris Jenderal OPEC dan CEO perusahaan minyak dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper