Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan Mudik Lebaran, 13 Ruas Jalan di Jabar Rusak

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya mempercepat perbaikan13 ruas jalan provinsi di Jawa Barat yang saat ini berada dalam kondisi rusak.
jalan rusak/Ilustrasi-Bisnis
jalan rusak/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya mempercepat perbaikan 13 ruas jalan provinsi di Jawa Barat yang saat ini berada dalam kondisi rusak.

Kadis Bina Marga Jabar M. Guntoro mengatakan ruas jalan tersebut tengah diupayakan perbaikannya agar kondisinya menjadi mantap, dapat dilalui dengan lancar dan nyaman saat digunakan mudik nanti.

“Kami semaksimal mungkin melakukan percepatan dalam upaya perbaikan ruas jalan-ruas jalan tersebut dan diharapkan pada saat masanya mudik atau arus lebaran nanti,” katanya, Senin (27/4/2015).

Menurutnya ke-13 ruas jalan provinsi yang rusak tersebar di hampir seluruh jalur mudik di utara, tengah dan selatan. Meski siap mempercepat, rencana perbaikan saat ini masih menunggu proses lelang serta mengantisipasi kemungkinan cuaca hujan dari sisi teknis.

“Teknis perbaikan jalan rencananya bisa dilaksanakan sebelum Juni 2015, diharapkan tidak ada hujan dengan  intensitas tinggi,” katanya.

Guntoro memastikan perbaikan jalan di tahun ini, tidak hanya dikarenakan kebutuhan menyambut mudik, tetapi juga disebabkan umur rencana teknis jalan sudah habis.

“Saat ini  menurut laporan yang kita terima 70% umur jalan sudah menyusut. Mudah-mudahan setelah diperbaiki bisa mantap dan nyaman,” paparnya.

Diakuinya sejumlah ruas jalan milik provinsi Jabar rusak akibat cuaca dan bencana alam. Kondisi ini menurutnya mempengaruhi juga rencana Bina Marga menargetkan kemantapan jalan sampai 100%.


"Kalau kemantapan target saya harus 100%jalan mulus. tapi kan gara-gara banjir longsor membuat jalan ambles," ujarnya.

Menurutnya, jalan yang mengalami kerusakan antara lain ruas Jalan Baros-Sagaranten-Tegalbuleud di Kota/Kab Sukabumi. Ruas Jalan Ciwidey-Ciwalini di Kabupaten Bandung,  ruas Jalan Lingkar Utara Majalengka.

Ada pula jalan Sadang (Purwakarta)-Subang, Jalan Parungpanjang-Arungsawangan, Bogor, Cileet-Sukanagara, Cianjur, Jalan Lembang-Jalan Cagak-Subang, Manonjaya (Tasikmalaya-Kota Banjar, Kerusakan dari titik perbatasan Kabupaten Tasikmalaya) hingga Cimaranggas, Ciamis.

Lalu Jalan Nagreg Kabupaten Bandung hingga Kadungora, Garut, Jalan Kolonel Masturi, Cimahi hingga Cisarua-Lembang, Kampung Andir Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, ruas Jalancagak-Cipeundeuy dan ruas Jalan Subang-Cikamurang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper