Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA BERAS: HPP dan Gabah Petani Naik Maret 2015

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memastikan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) beras dan gabah petani untuk mengantisipasi anjoknya harga komoditas pangan tersebut saat musim panen, akan dinaikkan bulan ini.
 HPP dan gabah petani naik bulan ini.//Bisnis
HPP dan gabah petani naik bulan ini.//Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memastikan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) beras dan gabah petani untuk mengantisipasi anjoknya harga komoditas pangan tersebut saat musim panen, akan dinaikkan bulan ini.

"Yang jelas HPP naik, kami data untuk naik, kami usahakan dalam bulan ini sudah diumumkan," kata  Amran.

Terkait besaran kenaikan HPP beras dan gabah tersebut, dia enggan menyebutkan angka pasti, tapi ia memastikan HPP tidak akan melebihi harga pasar.

"Tujuannya ini kan menjaga harga turun jangan sampai petani rugi dan diusahakan tidak mungkin HPP di atas harga pasar," ujar dia.

Sementara untuk mengantisipasi anjloknya harga gabah saat musim panen, Instruksi Presiden (Inpres) tentang HPP gabah dan beras yang harus dibeli Perum Bulog mendesak segera diterbitkan untuk mengantisipasi anjloknya harga gabah saat musim panen.

Inpres Perberasan dengan patokan harga baru tersebut diharapkan dapat memberikan payung hukum bagi Perum Bulog menyerap gabah petani.

Tanpa instrumen tersebut, harga gabah petani dikuatirkan akan terus merosot saat musim panen.

Berdasarkan, Inpres Nomor 3 Tahun 2012, harga pembelian gabah dengan kualitas air maksimum 25% dan kadar hampa kotoran maksimum 10% adalah Rp3.300/kg di petani sementara di tingkat penggilingan dihargai Rp3.350/kg untuk jenis gabah kering panen (GKP).

Sementara itu untuk gabah kualitas gabah kering giling (GKG) dengan kualitas kadar air maksimum 14% dan kadar hampa kotoran maksimum 3% adalah Rp4.150/kg di gudang perum Bulog.

Sedangkan harga beras dengan kualitas kadar air maksimum 14%, butir patah maksimum 2 persen, dan derajat sosoh minimum 95% adalah Rp6.600/kg di gudang Perum Bulog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper