Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RPP Sumber Daya Alam: Kadin Berharap Presiden Segera Tanda Tangan

Kamar Dagang dan Industri Indonesia berharap Rancangan Peraturan Pemerintah tentang sumber daya alam dapat segera ditandatangani Presiden. Pasalnya, industri smelter membutuhkan jaminan kepastian mendapat bahan baku mineral.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri Indonesia berharap Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang sumber daya alam dapat segera ditandatangani Presiden.  Karena industri smelter membutuhkan jaminan kepastian mendapat bahan baku mineral.

Wakil Ketua Umum Kadin Natsir Mansyur mengatakan rancangan peraturan tersebut akan memberikan kekuatan bagi industri pertambangan untuk berkembang. Selain itu, rancangan ini juga akan melengkapi undang-undang yang sudah ada seperti.

“Rancangan ini akan menjadi payung hukum bagi pengusaha dalam mempercepat pembangunan smelter,” katanya, Kamis (26/6/2014).

Karena itulah, pihaknya berharap pemerintah segera menyelesaikan rancangan ini sehingga pengusaha dapat segera membangun pabrik pengolahan dan pemurnian mineralnya.

Dia menilai implementasi undang-undang mineral dan batubara belum berjalan optimal meskipun sudah 7 bulan terhitung pembatasan ekspor yang diteken pada 12 Januari 2014.

“Argo waktu sudah berjalan 7 bulan, tetapi pelaku usaha merasakan bisnis ini mulai stagnan. Ini karena sikap pemerintah yang lamban dalam menetapkan kebijakan untuk mendorong sektor industri berkembang,” jelasnya.

Lebih jauh, Natsir juga meminta agar polemik Freeport dan Newmont dapat segera diselesaikan. Hal ini penting untuk mendorong kepercayaan investor yang ingin berusaha di sektor ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper