Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Terbang Langsung ke Amsterdam

PT Garuda Indonesia Tbk. hari ini, Jumat (30/5/2014), meresmikan rute penerbangan langsung dari Jakarta-Amsterdam dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER.

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Garuda Indonesia Tbk. hari ini, Jumat (30/5/2014), meresmikan rute penerbangan langsung dari Jakarta-Amsterdam dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Emirsyah Satar mengatakan pasar Eropa sangat menjanjikan dengan tingkat kepenuhan rata-rata 70%. 

'Penerbangan nonstop tersebut diharapkan semakin memperkuat comprehensive partnership antara Indonesia dan Belanda baik dalam ekonomi, bisnis, dan pariwisata," ujarnya pada The Inauguration of The Jakarta-Amsterdam Non-Stop Service Without Our Brand New Boeing 777-300 ER, Jumat dini hari (30/5/2014).

Pengoperasian layanan penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam tersebut sejalan dengan bergabungnya Garuda Indonesia dengan aliansi penerbangan global SkyTeam pada 5 Maret 2014 dan merupakan bagian dari upaya Garuda untuk menghadirkan konektivitas tanpa batas kepada para pengguna jasa ke Eropa. 

Dengan dibukanya penerbangan langsung tersebut akan mempersingkat waktu perjalanan antara rute penerbangan Garuda dan Sky Team dengan maskapai-maskapai besar Timur Tengah yang terlebih dahulu menawarkan penerbangan nonstop dari Jakarta ke Eropa dan Amerika.

'Ini penerbangan satu-satunya yang melayani penerbangan langsung nonstop Jakarta-Amsterdam,' tutur Emir.

Pesawat Boeing 777-300 ER mampu terbang selama 15 jam atau menempuh jarak 14.490 kilometer. Adapun penerbangan Jakarta-Amsterdam membutuhkan waktu kurang dari 14 jam.

Berdasarkan data yang dihimpun manajemen Garuda, kunjungan turis Belanda ke Indonesia pada 2013 meningkat hingga 6,69% dari sekitar 147.000 menjadi lebih dari 157.000.  

Sebelum peresmian penerbangan nonstop tersebut, Garuda telah melayani penerbangan rute Jakarta-Amsterdam dengan satu persinggahan di Abu Dhabi dengan menggunakan peswat Airbus A330-200.

Dengan dibukanya penerbangan nonstop, maka rute Jakarta-Abu Dhabi akan dilayani melalui kerja sama codeshare dengan Etihad Airways sebagai tindak lanjut dari codeshare agreement antara kedua maskapai penerbangan yang ditandatangani pada Oktober 2011. 

Rute Jakarta-Amsterdam dilayani dengan penerbangan GA 088 yang akan diberangkatkan dari Jakarta pada pukul 00.55 dan akan tiba pada pukul 09.40 waktu setempat.

Adapun rute Amsterdam-Jakarta akan dilayani dengan penerbangan GA 089 yang akan berangkat dari Amsterdam pada pukul 12.35 (waktu setempat) dan akan tiba di Jakarta pada pukul 07.15.

Pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas 314 penumpang yaitu sebanyak 8 kursi kelas pertama, 38 kelas bisnis, dan 268 kelas ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahayuningsih
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper