Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERUBAHAN IKLIM: Potensi Mitigasi Belum Tergarap Optimal

Potensi mitigasi perubahan iklim melalui pengelolaan hutan produksi terganjal oleh banyaknya perusahaan pemegang izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu (IUPHHK) yang mengalami kesulitan beroperasi.
Giras Pasopati
Giras Pasopati - Bisnis.com 29 April 2014  |  23:37 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Potensi mitigasi perubahan iklim melalui pengelolaan hutan produksi terganjal oleh banyaknya perusahaan pemegang izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu (IUPHHK) yang mengalami kesulitan beroperasi.

Awriya Ibrahim, Direktur Bina Usaha Hutan Alam Kementerian Kehutanan mengakui kondisi sulit yang kini terjadi pada bisnis pengusahan hutan.

Akibatnya, potensi tebangan yang bisa mencapai 14-17 juta m3/tahun, hanya bisa direalisasikan sekitar 5 juta m3/tahun dalam beberapa tahun terakhir.

“Kegiatan usaha harus diupayakan tetap menguntungkan sehingga kelestarian hutan  produksi tetap bisa dipertahankan,” katanya dalam diskusi bertemakan: "Peran Hutan Produksi dalam Penurunan Emisi Karbon".

Herlina Hartanto, Direktur Program Teresterial The Nature Conservacy (TNC) Indonesia menyatakan, hutan produksi sejatinya masih mampu memainkan peran penting dalam upaya mitigasi perubahan iklim.

“Hutan produksi yang dikelola dengan baik menyimpan karbon dalam jumlah besar dan bisa berperan dalam pencapaian target pengurangan emisi gas rumah kaca yang dicanangkan sebesar 26% pada tahun 2020,” ujarnya .

Luas hutan produksi di Indonesia adalah 59,1 juta hektare dan mencapai 81,8 juta hektare jika memperhitungkan hutan produksi terbatas (HPT) dan hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK).

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kehutanan perubahan iklim
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top