Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

315 Perusahaan Disetujui Tangguhkan Upah Minimum 2014

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengungkapkan per Februari 2014 terdapat 414 perusahaan yang telah mengajukan penangguhan penerapan upah kepada 6 gubernur.
Ilustrasi Upah Minimum Kabupaten/JIBI
Ilustrasi Upah Minimum Kabupaten/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengungkapkan per Februari 2014 terdapat 414 perusahaan yang telah mengajukan penangguhan penerapan upah kepada 6 gubernur.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnakertrans R. Irianto Simbolon mengatakan dari permohonan penangguhan sebanyak itu, 315 perusahaan disetujui penagguhannya oleh gubernur dan Dinas Tenaga Kerja setempat dan 89 perusahaan ditolak.

"Dua perusahaan tidak memenuhi syarat dan 8 perusahaan mencabut permohonan penangguhannya," ujarnya seperti dilansir laman Kemenakertrans, Selasa (4/2/2014).

Menurutnya, pengawasan ketat diperlukan agar pelaksanaan penerapan upah minumun 2014 yang telah ditetapkan Gubernur dapat berjalan dengan baik.  “Pelaksanaan aturan upah minimum bagi pekerja harus disertai pengawasan yang ketat agar tidak terjadi pelanggaran yang merugikan pekerja."

Irianto menambahkan  aturan penetapan upah minimum merupakan social safety net bagi pekerja lajang di bawah satu tahun. Aturan ini tidak boleh dilanggar oleh siapapun dan harus segera dibayarkan tepat waktu.

“Pemerintah, pengusaha dan pekerja sepakat mendorong kenaikan upah pekerja/buruh secara bertahap, namun kenaikan UMP tidak dapat disamaratakan karena bergantung dari sejumlah indikator, yaitu tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, daya beli dan kebutuhan hidup pekerja dan kemampuan perusahaan di daerah masing-masing,“ tegasnya.

Dia menambahkan konsep dan kebijakan upah minimun merupakan upah terendah yang diperuntukkan bagi pekerja lajang dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Upah minimum hanya sekedar jaring pengaman sosial.

Di luar ketentuan tersebut, tambah Irianto,  penetapan besaran upah yang ditambah besaran tunjangan-tunjangan lainnya lebih ditekankan pada perundingan dan kesepakatan secara bipartit antara pengusaha dan pekerja/buruh di masing-masing perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper