Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemenkop Alokasikan Modal Wirausaha ke UMSU Medan

Bisnis.com, MEDAN—Kementerian Koperasi dan UKM mengalokasikan permodalan awal kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang bersedia menjadi wirausaha pemula melalui program kewirausahaan nasional. Prakoso Budi Susetio, Deputi
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 24 September 2013  |  14:38 WIB
Kemenkop Alokasikan Modal Wirausaha ke UMSU Medan
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN—Kementerian Koperasi dan UKM mengalokasikan permodalan awal kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang bersedia menjadi wirausaha pemula melalui program kewirausahaan nasional.
 
Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) layak mendapatkan modal itu karena semua perguruan tinggi lain juga mendapatkannya.
 
”Saya sudah melakukan sosialisasi kewirausahaan ke berbagai provinsi dan  perguruan tinggi, termasuk ke UMSU. Namun ada syarat untuk mendapatkan modal itu,” katanya kepada mahasiswa UMSU pada workshop pemasyaralatan kewirausahaan di Kampus UMSU Medan, Selasa (24/9/2013).
 
Syarat itu membuat proposal usaha sesuai dengan pilihan masing-masing. Lalu dilombakan dan pemenangnya ditetapkan panitia yang terdiri dari UMSU, Dinas  Koperasi dan UKM Sumut, dan Remaja Mesjid Pecinta Alam (Rempala) yang selama ini mengorganisir kewirausahaan di Sumut.
 
Meski demikian, alokasi dana yang disediakan tidak terlalu besar, karena akan disesuaikan dengan standar nasional, yakni maksimal Rp25 juta. Yang harus dipahami, pemerintah, katanya, selalu menginginkan kelahiran wirausaha dari perguruan tinggi.
 
UMSU yang memiliki sekitar 22.000 mahasiswa, punya potensi melahirkan wirausaha pemula itu. Prakoso bahkan terkejut karena dari sekitar 200 mahasiswa yang hadir, ternyata sudah ada yang menjalankan usaha secara mandiri.
 
Pada kesempatan itu Prakoso menekankan bahwa seseorang yang layak menyandang predikat wirausaha adalah yang berhasil mempekerjakan orang lain, bukan menjalankan usaha secara sendiri. “Ini perlu saya tekankan,” katanya.
 
Beberapa wirausaha pemula sudah berhasil mempekerjkan tenga kerja melalui usaha perbengkelan roda dua. Mahasiswa UMSU  juga bisa mengikuti keberhasilan itu melalui pembuatan proposal usaha yang disampaikan kepada pemerintah.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha kemenkop umsu medan
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top