Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ongkos Cuci Baju di Pulau Derawan Rp50.000 Per Potong

Bisnis.com, BERAU, KALTIM- Warga Pulau Derawan, Kalimantan Timur yang membuka usaha laundry meraup keuntungan besar dari para wisatawan asing yang berkunjung ke area Pantai Derawan.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 17 September 2013  |  16:20 WIB

Bisnis.com, BERAU, KALTIM- Warga Pulau Derawan, Kalimantan Timur yang membuka usaha laundry meraup keuntungan besar dari para wisatawan asing yang berkunjung ke area Pantai Derawan.

Humphry Singal, Ketua Bidang Yacht Rally Bagian Utara untuk Festival Sail Komodo Indonesia mengatakan wisatawan asing yang mencuci pakaian ditarip sebesar Rp50.000 per potong.

"Mereka [wisatawan asing] tidak mempersoalkan harga cuci pakaian kotor yang mereka kenakan selama berwisata," paparnya saat ditemui di Pulau Derawan, Selasa (17/9/2013).

Para warga yang membuka usaha laundry hanya menyediakan mesin cuci. Selebihnya, wisatawan asing yang mencuci pakaiannya sendiri. "Bisa dibayangkan berapa pendapatan warga jika banyak warga asing yang mencuci pakaian kepada mereka."

Pulau Derawan dikenal sebagai tempat wisata yang memiliki taman laut indah. Di perairan tersebut terdapat taman laut untuk berselam dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Pulau dengan air jernih itu juga memiliki aneka ragam biota laut seperti kuda laut, lobster, gurita, penyu, cumi-cumi dan lainya.

Humphry menambahkan warga sekitar juga banyak diuntungkan dengan kehadiran wisatawan asing yang singgah sekadar untuk menikmati masakan khas Pulau Derawan.

"Jadi setiap wisatawan datang ke sini [Pulau Derawan], kami sudah tunjukan mana saja restoran atau tempat makan yang disediakan warga," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pulau derawan
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top