Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IFC Siap Bantu Reformasi di Kemenkumham

Bisnis.com,JAKARTA - International Finance Corporation (IFC) akan terlibat secara penuh menyiapkan sistem dan proses penyederhanaan pendirian usaha dan proses perizinan melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 09 September 2013  |  19:17 WIB

Bisnis.com,JAKARTA - International Finance Corporation (IFC) akan terlibat secara penuh menyiapkan sistem dan proses penyederhanaan pendirian usaha dan proses perizinan melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Indonesia menghadapi tantangan meningkatkan iklim investasi secara terus menerus untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan,” ujar Sarvesh Suri, Country Manager IFC di Indonesia dalam keterangan resmi, Senin (9/9/2013).

Dia menyatakan IFC berkomitmen mendukung upaya Indonesia di bidang penataan perizinan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

IFC, lanjutnya akan mengembangkan proses registrasi atas aset bergerak seperti hasil pertanian dan perkebunan, ternak dan peralatan mesin.

Langkah itu, lanjutnya akan mempermudah pelaku bisnis maupun investor dalam memulai usaha dalam upaya meningkatkan iklim investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, IFC membantu Cina dan Vietnam dalam membangun proses pendaftaran aset bergerak, yang membuat jutaan usaha usaha kecil di kedua negara tersebut mampu menikmati pinjaman.

“Ini menandai babak baru bagi upaya reformasi yang sukses untuk mempermudah proses pendirian usaha dan membantu usaha usaha kecil dan menengah tumbuh dengan meningkatkan akses ke layanan keuangan,” kata Aidir Amin Daud, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham.

Sejak 2003, Kemenkumham telah mengimplementasikan reformasi nasional yang mengurangi jangka waktu proses pendirian usaha menjadi 47 hari dari 168 hari pada 2004.

Dari 185 negara, laporan pada 2013 menempatkan Indonesia pada peringkat 166 dalam hal kemudahan untuk memulai usaha dan peringkat 129 dalam hal kemudahan untuk mendapatkan kredit.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ifc kemenkumham international finance corporation
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top