Mari Elka Imbau Pemda Cek Kondisi Tempat Wisata Saat Lebaran

Bisnis.com, JAKARTA - Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan di berbagai obyjek wisata dalam menyambut libur Lebaran 2013.
Fitri Sartina Dewi | 02 Agustus 2013 16:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan di berbagai obyjek wisata dalam menyambut libur Lebaran 2013.

Menurutnya, lonjakan pengunjung ke berbagai objek tujuan wisata ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Kemenparekraf telah mengantisipasi hal tersebut dari jauh-jauh hari dengan mengirimkan surat imbauan kepada para gubernur di 34 provinsi di Indonesia agar mereka melakukan pengecekan di berbagai tempat wisata untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan bagi para pengunjung sesuai dengan standar prosedur operasional (SOP).

“Pihak Kemenparekraf akan melakukan inspeksi ke berbagai tempat wisata yang paling populer di kalangan masyarakat,” ujar Mari dalam jumpa pers, Kamis (1/8/2013).

Tempat-tempat wisata yang paling diminati itu antara lain adalah Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Safari Bogor, Candi Borobudur, candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko. Tempat-tempat wisata tersebut diperkirakan akan mengalami lonjakan pengunjung selama libur lebaran yaitu dari H+1 hingga H+7.

“Kami akan menanyakan dan melihat langsung standar pelayanan terutama mengenai standar keselamatan dan kenyamanan pengunjung di berbagai lokasi wisata,’imbuhnya.

Menurut data Kemenparekraf, kenaikan jumlah pengunjung pada tujuan wisata tersebut mengalami kenaikan sekitar 25% di tahun 2012 dan diperkirakan akan terulang kembali pada musim libur lebaran tahun ini.

Mari juga menegaskan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan para stakeholder untuk menerbitkan dan mendistribusikan sekitar 50.000 peta mudik wisata secara gratis kepada masyarakat  dengan tujuan untuk membantu para pemudik (wisatawan) yang akan memanfaatkan waktu liburan di daerah.

Lokasi penyebaran peta mudik tersebut antara lain adalah di tempat-tempat publik seperti pintu masuk tol, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat lainnya. Peta mudik tersebut juga berisikan informasi mengenai pendukung pariwisata dan ekonomi kreatif  seperti tempat wisata, hotel, restoran dan paket wisata yang dapat dipilih di beberapa wilayah seperti Jawa, bali dan Sumatera.

Tag : wisata selama libur lebaran
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top