Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Irigasi Kecil di 4.000 Desa Direhabilitasi, Anggaran Siap Diguyur

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah akan merehabilitasi jaringan irigasi kecil di 4000 desa melalui Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air Irigasi Kecil (P4-ISDA-IK).
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 27 Juni 2013  |  19:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah akan merehabilitasi jaringan irigasi kecil di 4000 desa melalui Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air Irigasi Kecil (P4-ISDA-IK).

Direktur Irigasi dan Rawa Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Eko Subekti melalui program P4-ISDA-IK pemerintah akan mengalokasikan masing-masing sekitar Rp178 juta kepada 4000 desa bagi perehabilitasian jaringan irigasi kecil.

“Alokasi dananya diperkirakan Rp178 juta per desa. Targetnya di 4.000 desa,” terangnya di sela-sela konfrensi pers di Jakarta, Kamis (27/6).

Dia menjelaskan pemerintah hanya akan mengalokasikan dana P4-ISDA-IK kepada jaringan irigasi di wilayah Kabupaten/Kota yang strategis dan sedang berada dalam kondisi kurang baik. Dari luas irigasi permukaan yang mencapai 7,23 juta ha, terangnya, 48% atau 3,49 juta ha berada di wilayah Kabupaten/Kota dan kebanyakan berada dalam kondisi kurang baik.     

“Ini [program] akan menjangkau irigasi kecil yang berada di wilayah Kabupaten/Kota yang jumlahnya 48% atau 3,49 juta ha dari total irigasi permukaan. Rata-rata berada dalam kondisi kurang baik sebab anggaran kurang memadaidi wilayah tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Eko menjelaskan pihaknya telah membentuk tim teknis di tingkat pusat maupun daerah guna memvalidasi keberadaan irigasi di perdesaan di seluruh Indonesia menghindari tumpang tindih kebijakan rehabilitasi irigasi yang juga dilakukan oleh Kementerian Pertanian maupun pemerintah daerah.

“Validasi untuk melihat apakah irigasi sudah mendapatkan pembiayaan apa saja, seperti dana alokasi khusus, dana alokasi umum, maupun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD),” katanya.  

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian PU menerima alokasi dana tambahan senilai Rp9,095 triliun pada APBN-P 2013 dengan Rp6 triliun yang sudah disahkan untuk melaksanakan Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan (P4) Infrastruktur sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). PU mengalokasikan Rp2 triliun untuk Dirjen SDA yang dibagi untuk rehabilitasi irigasi kecil senilai Rp801 miliar, pengamanan pantai Rp299 miliar dan untuk Air Baku sebesar Rp899 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumber daya air irigasi kecil
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top