Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BBM NONSUBSIDI: Pertamax-Dex Tidak Diminati SPBU Tabanan

BISNIS.COM, TABANAN -- Pengelola stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Tabanan, Bali, enggan menjual bahan bakar minyak nonsubsidi jenis "Pertamina Dex" karena membutuhkan biaya investasi cukup besar. "Dari 17 SPBU yang ada di daerah

BISNIS.COM, TABANAN -- Pengelola stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Tabanan, Bali, enggan menjual bahan bakar minyak nonsubsidi jenis "Pertamina Dex" karena membutuhkan biaya investasi cukup besar.

"Dari 17 SPBU yang ada di daerah ini, tak satu pun yang menjual Pertamina Dex," kata Ida Bagus Raka Wiryanatha, pemilik sejumlah SPBU di Kabupaten Tabanan, Rabu (3/4/2013).

Untuk memiliki fasilitas penampungan BBM jenis solar yang diperkenalkan kepada publik sejak tahun lalu itu, jelas dia, dibutuhkan biaya sekitar Rp1 miliar.

"Tentu harus melalui perhitungan yang matang bagi pengelola SPBU yang hendak menjual Pertamina Dex. Mereka terlebih dulu harus menyediakan tempat penampungan dan fasilitas lainnya," kata Wiryanatha.

Apalagi menurut dia, potensi kerugian bagi pengelola SPBU yang menjual BBM nonsubsidi itu juga tinggi. "Untungnya sedikit, tapi kerugian sudah di depan mata," katanya.

Untuk mendapatkan Pertamina Dex, SPBU harus memesannya ke Pertamina dengan sistem pembayaran di muka. "Kalau sudah begini, maka kami tentu berpikir sampai kapan balik modal," katanya.

Sementara ituAsisten II Sekda Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana menyatakan komitmennya untuk menggunakan Pertamina Dex bagi kendaraan operasional pemerintahan bermesin disel.

"Hanya sejauh ini kami selalu kesulitan mendapatkannya di Kabupaten Tabanan," katanya. (Antara/dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper