Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRL JABODETABEK: Per April Kereta Datang Setiap 7 Menit

BISNIS.COM, JAKARTA-- PT Kereta Api Indonesia melalui anak usahanya PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengklaim perjalanan kereta rel listrik bertambah 61 perjalanan menjadi 575 perjalanan mulai 1 April 2013.Akibat penambahan ini, perjalanan kereta rel

BISNIS.COM, JAKARTA-- PT Kereta Api Indonesia melalui anak usahanya PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengklaim perjalanan kereta rel listrik bertambah 61 perjalanan menjadi 575 perjalanan mulai 1 April 2013.

Akibat penambahan ini, perjalanan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek setiap 7 menit sekali. Penambahan ini seiring dengan perubahan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2013 dari Gapeka 2011 yang mulai berlaku pada 1 April 2013.

Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Tri Handoyo mengatakan perubahan jadwal ini ditetapkan berdasarkan surat dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dengan no. KA/407/SK.26/DJKA/2/13 tanggal 25 Februari 2013 tentang pelaksanaan GAPEKA tahun 2013 yang berlaku mulai 1 April 2013.

"Dengan diberlakukannya GAPEKA baru ini maka jumlah perjalanan KRL di Jabodetabek yang semula 514 perjalanan menjadi 575 perjalanan," kata Tri, Senin (1/4/2013).

Tri menjelaskan penambahan perjalanan tersebut yakni untuk lintas Bogor – Jakarta/Lingkar Jakarta dari 229 perjalanan menjadi 266 perjalanan KRL per hari. Lintas Bekasi – Jakarta/Kota dari 84 perjalanan menjadi 103 perjalanan KRL per hari. Lintas Tanah Abang – Maja/parung panjang/Serpong  dari 74 perjalanan menjadi 82 perjalanan KRL per hari. Lintas Tangerang – Duri dari 40 perjalanan menjadi 44 perjalanan KRL per hari.

Selain perubahan jumlah perjalanan, lanjutnya, sejumlah waktu keberangkatan dan kedatangan untuk perjalanan KRL pertama dan terakhir juga mengalami perubahan. Pada lintas Bogor – Jakarta Kota KRL pertama yang sebelumnya berangkat pada pukul 04.22 menjadi 04.00 WIB. Pada Lintas Jakarta Kota – Bogor KRL terakhir yang sebelumnya berangkat dari Stasiun Jakarta Kota pada pukul 22.35 menjadi pukul 00.25 dan tiba di Stasiun Bogor pada pkl 01.46 WIB.

"Dengan penambahan perjalanan ini, jarak kedatangan antar kereta atau headway dari yang biasanya setiap 15 menit, nantinya maju menjadi sekitar 7 menit sekali ada KRL masuk ke stasiun," kata Tri.

Dia menjelaskan jadwal baru yang berlaku mulai 1 April 2013 dapat dilihat pada website www.krl.co.id dan sejumlah Stasiun di Jabodetabek. Penyebaran jadwal untuk penumpang (tanpa dipungut biaya) juga akan dilakukan disejumlah Stasiun di Jabodetabek.

"Diharapkan dengan diberlakukannya GAPEKA 2013 ini dapat memenuhi kebutuhan para pengguna jasa KRL di Jabodetabek yang tentunya tetap memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan pelayanan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper