Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BLOK MAHAKAM: Kontrak Selesai 2017, Produksi Dijamin Tetap Aman

JAKARTA—Pemerintah menjamin produksi di Blok Mahakam, Kalimantan Timur masih akan tetap aman meski belum ada kepastian mengenai kontrak yang akan habis pada 2017.
- Bisnis.com 31 Januari 2013  |  19:55 WIB

JAKARTA—Pemerintah menjamin produksi di Blok Mahakam, Kalimantan Timur masih akan tetap aman meski belum ada kepastian mengenai kontrak yang akan habis pada 2017.


Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Edy Hermantoro mengatakan Total EP Indonesie selaku operator Blok Mahakam akan semaksimal mungkin mempertahankan produksi. Pasalnya, pemerintah menjamin pembayaran depresiasi aset tidak akan melewati tahun 2017.


“Mereka [Total dan Inpex]  takut yang namanya depresiasi dibayar melebihi 2017. Sekarang kita jamin depresiasi tidak akan melewati 2017, mereka bisa dapatkan percepatan depresiasi. Makanya mereka mau terus eksplorasi dan berinvestasi, mereka berani,” kata Edy usai acara Pelantikan Pejabat Eselon I dan II di Lingkungan Kementerian ESDM hari ini, Kamis (31/1/2013).



Menurut Edy, Total sudah berkomitmen untuk tetap mempertahankan produsi di Blok Mahakam. Bahkan, sepanjang 2010-2014, Total akan berinvestasi sebesar US$10 miliar-US$11 miliar. “Jadi, dari 2010 sudah aman.”


Pasca habis kontrak pada 2017 Total tetap bisa ikut dalam mengelola Blok Mahakam atau tidak, Edy belum bisa mengatakannya. Nantinya, baik Pertamina, Total EP Indonesie, Inpex, dan daerah akan mendiskusikannya untuk melihat dari sisi keekonomian.



“Pokoknya kita belum putuskan. Makanya nanti dihitung bareng – bareng, total keseluruhan keekonomiannya sudah cocok belum, kan Pertamina, Total, Inpex dan daerah punya hitungan,” katanya.


Yang pasti, lanjut Edy, dari sisi teknikal, produksi di Blok Mahakam sudah dijamin oleh Pemerintah.



Total EP Indonesie sendiri berkomitmen untuk terus meningkatkan alokasi gas domestik dari Blok Mahakam, Kalimantan Timur. (sut)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top