Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI MIGAS: Kontraktor minta insentif

JAKARTA-Pemerintah harus mau memberikan insentif kepada kontraktor minyak dan gas bumi (migas) untuk memperbanyak kegiatan eksplorasi di lapangan migas yang ada di seluruh Tanah Air.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Januari 2013  |  21:20 WIB

JAKARTA-Pemerintah harus mau memberikan insentif kepada kontraktor minyak dan gas bumi (migas) untuk memperbanyak kegiatan eksplorasi di lapangan migas yang ada di seluruh Tanah Air.

Bambang Istadi, Chairman Indonesia-Java Section Society of Petroleum Engineers mengatakan insentif itu untuk mengurangi beban kontraktor saat melakukan eksplorasi migas. Pasalnya selama ini kontraktor menanggung sendiri kerugiannya jika menemukan sumur migas yang kering (dry hole).

“Kalau ada rencana insentif dari pemerintah untuk menggalakkan eksplorasi, saya pikir sangat baik. Itu salah satu cara untuk menggalakkan eksplorasi sehingga nantinya ketahanan energi tetap dapat terjaga,” katanya di Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Bambang mengungkapkan pemberian insentif itu sebaiknya tidak mengganggu anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Akan tetapi menggunakan mekanisme lain, seperti keringanan pajak dan tersedianya data eksplorasi yang lengkap.

Data eksplorasi itu, menurutnya, haruslah data terbaru yang dilengkapi dengan seismik, sebaran sumur migas dan kandungan migas di dalamnya. Dengan demikian dapat mengurangi risiko bagi kontraktor dalam melakukan proses eksplorasi dan eksploitasi migas di dalam negeri.

“Kalau data baru itu kan para kontraktor dapat melihat ada sesuatu yang baru dan dulu tidak terlihat. Karenanya perlu pemutakhiran data yang dilengkapi dengan data seismik dan cadangan migasnya,” jelasnya.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Lili Sunardi

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top