Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SPMK Tol Cikampek-Palimanan Terbit, Konstruksi Segera Dilakukan

News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 Januari 2013  |  18:26 WIB
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum mengungkapkan konstruksi ruas tol Cikampek-Palimanan sudah dapat dikerjakan menyusul terbitnya  Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). 
 
"SPMK tol itu sudah terbit, jangan ditunda lagi segera kerjakan" ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto di Jakarta, Jumat (25/1/2013). 
 
Djoko mengungkapkan dirinya  belum membaca SPMK tetapi ia akan segera mengecek surat tersebut. Adapun pembebasan lahan tol sepanjang 116 kilometer itu sudah selesai. 
 
Terakhir pemegang konsesi PT Marga Lintas Sedaya (LMS) hanya dapat melakukan land clearing. 
 
Dengan keluarnya SPMK proses pengerjaan jalan tol itu  dapat segera dikerjakan dan ditargetkan selesai selama 2,5 tahun. 
 
Lama konsesi untuk tol LMS ialah selama 35 tahun. Komposisi saham PT LMS dimiliki oleh PT Plus Expressways Berhard (55%) dan PT Baskhara Utama Sedaya (45%). 
 
Sementara pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan direncanakan terdiri atas enam seksi, yakni seksi I Cikopo-Kalijati sepanjang 29,12 km, seksi II Kalijati-Subang sepanjang 9,56 km, seksi III Subang-Cikedung sepanjang 31,37 km. 
 
Kemudian dilanjutkan seksi IV Cikedung-Kertajati 17,66 km, seksi V Kertajati-Sumberjaya 14,51 km, dan seksi VI Sumberjaya-Palimanan 14,53 km.  
 
Nilai investasi untuk  jalan tol ini diperkirakan mencapai Rp 12,6 triliun. Adapun sindikasi perbankan yang telah didapat sebesar Rp 7,1 triliun yang berasal dari BCA, Bank DKI, Bank Panin, Bank Jabar Banten, dan ICBC. (faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top