Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PELABUHAN TANJUNG PRIOK: Dwelling Time Diharapkan hanya 2 Hari

JAKARTA – Pemerintah diimbau segera mengatasi masalah dwelling time (penanganan bongkar muatan dari kapal)  dengan secepatnya di pelabuhan Tanjung Priok.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Januari 2013  |  21:59 WIB

JAKARTA – Pemerintah diimbau segera mengatasi masalah dwelling time (penanganan bongkar muatan dari kapal)  dengan secepatnya di pelabuhan Tanjung Priok.

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan perlunya memangkas dwelling time di Tanjung Priok hingga 2 hari sehingga production cost bisa menjadi 10%  dari total biaya logistic cost 20%.

Menurutya, Kementerian Perindustrian menargetkan hingga menjelang ASEAN Economy Community 2015, target memangkas dwelling time sudah dapat dicapai.

Dwelling time adalah ukuran waktu yang dibutuhkan container impor, sejak container dibongkar dari kapal (berthing) sampai dengan keluar dari kawasan pelabuhan (gate out). Menurut berbagai hasil survey yang ada menunjukkan bahwa dwelling time di Tanjung Priok selama 2011-2012 masih berkisar antara 4,7 s/d 6,7 hari.

“Kalo kita mau berkompetisi antara ASEAN, dwelling time ini [cukup] 2 hari,” ujarnya, Senin (21/1)

Jika dalam waktu 2 tahun masalah dwelling time tidak bisa berkompetisi, sambungnya, Indonesia tidak akan bisa menjadi tempat untuk produktif dan hanya dipakai sebagai tempat untuk pasar.

“Kamu lihat negara ini bisa dipakai orang untuk membeli saja, tetapi produksinya di negara lain yang lebih efisien, itu kita gak mau, makanya kita all out [pemangkasan waktu dwelling time] mesti harus dilakukan,” tegasnya.

Kemudian, Hidayat berharap dapat membuat penataan di Tanjung Priok seperti norma dari suatu pelabuhan internasional. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Winda Rahmawati

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top