Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BENCANA BANJIR: Kemenkeu Siapkan Dana Bencana Alam Rp4 triliun

JAKARTA—Kementerian Keuangan telah menyiapkan dana cadangan Rp4 triliun jika sewaktu-waktu Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) membutuhkan dana tambahan untuk mengatasi banjir.
- Bisnis.com 17 Januari 2013  |  19:43 WIB

JAKARTA—Kementerian Keuangan telah menyiapkan dana cadangan Rp4 triliun jika sewaktu-waktu Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) membutuhkan dana tambahan untuk mengatasi banjir.

Direktur Jenderal Anggaran Herry Purnomo mengatakan Kementerian Keuangan telah menyiapkan dana cadangan bencana alam sekitar Rp4 triliun jika sewaktu-waktu BNPB membutuhkan tambahan dana untuk mengatasi banjir.

“Kalau [dana] cadangan sih banyak. BNPB dialokasikan untuk kepentingan bencana sekitar Rp4 triliun tahun ini. [Sifatnya] on call, kapan diperlukan, mereka bisa mengajukan,” katanya di Gedung Kemenko hari inik, Kamis (17/1/2013).

Namun, sambungnya, dana sejumlah itu tidak hanya sebatas untuk penanggulangan banjir saja, tetapi juga untuk semua jenis bencana.

Sampai saat ini, ungkap Herry, BNPB belum mengajukan dana tambahan ke Kementerian Keuangan terkait masalah banjir Jakarta.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan mekanisme pencairan dana cadangan itu harus diajukan terlebih dahulu oleh BNPB. Kemudian setelah mendapatkan izin dari DPR, Kemnterian Keuangan baru bisa mengeksekusi pencairannya.

“Cepat kok biasanya kalau sudah darurat, tetapi biasanya di BNPB sendiri sudah ada dana yang sudah siap pakai,” pungkasnya. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top