Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS PENERBANGAN: Pasar Batam masih menggiurkan

BATAM: Pasar penerbangan di Batam masih menggiurkan bagi pelaku usaha transportasi udara menyusul akan bertambah setidaknya empat jadwal penerbangan baru di Bandara Internasional Hang Nadim pada awal tahun ini.Dari data perkembangan Bandara Internasional

BATAM: Pasar penerbangan di Batam masih menggiurkan bagi pelaku usaha transportasi udara menyusul akan bertambah setidaknya empat jadwal penerbangan baru di Bandara Internasional Hang Nadim pada awal tahun ini.

Dari data perkembangan Bandara Internasional Hang Nadim di Badan Pengusahaan Kawasan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) sampai dengan Juni 2012 tercatat jumlah penumpang mencapai 1,7 juta orang.

Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam menyebutkan jumlah penumpang hingga akhir 2012 diyakini bertumbuh jika dibandingkan pada 2011 dan tertinggi dalam lima tahun terakhir.

"Jumlah pergerakan penumpang transportasi udara terus bertumbuh dalam lima tahun terakhir dan tahun ini ada sejumlah penambahan penerbangan dari perusahaan maskapai udara," katanya, Selasa (15/1).

Pada 2011, lanjut dia, jumlah penumpang mencapai 3,4 juta orang dan pada 2010 merupakan tahun pertama jumlah penumpang di Hang Nadim menyentuh 3 juta penumpang dengan jumlah 3,3 juta orang.

Sementara pada 2009 jumlah penumpang hanya mencapai 2,9 juta orang dan 2008 sebanyak 2,6 juta orang.

Menurut Ilham, peningkatan jumlah penumpang tersebut juga diikuti penambahan rute penerbangan domestik pada tahun ini.

Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim Batam Suwarso mengungkapkan penambahan rute penerbangan dari 48 rute menjadi 52 rute pada awal 2013.

"Sehingga dalam sehari total pesawat yang datang dan terbang ada 104 penerbangan ke seluruh kota di Indonesia. Hang Nadim akan semakin sibuk,"
katanya.

Suwarso menjelaskan sejak awal tahun ini sudah berkoordinasi dengan 11 maskapai penerbangan di Hang Nadim mengenai pembahasan program-program perusahaan maskapai tersebut, namun sejauh ini baru citilink yang telah membuka resmi penerbangan rute baru.

"Dari hasil pertemuan kordinasi kita terhadap seluruh maskapai yang ada, baru Citilink yang mengajukan penambahan frekuensi dan rute baru diawal tahun ini. "terangnya.

Citilink, mulai dari tanggal 10 Januari mendatang untuk rute Batam-Padang dari satu kali akan menjadi tiga kali dalam satu harinya. Dan juga menambah satu rute baru lagi yaitu Batam-Palembang setiap harinya dua kali penerbangan dan mulai beroperasi pada 16 Januari mendatang.

Selain itu, Citylink juga berencana menempatkan dua pesawatnya dalam status standby di Bandara Hang Nadim dengan jenis ATR 500 untuk tujuan kota-kota tertentu. Hal tersebut untuk memudahkan penumpang dari daerah, seperti Natuna, Pekanbaru dan wilayah lainnya di Kepri yang akan bepergian ke Kota lainnya.

Otoritas Hang Nadim juga mengisyaratkan dalam periode Februari dan Maret 2013 maskapai penerbangan Merpati Air juga akan masuk kembali ke Hang Nadim, setelah berhenti melayani penerbangan pada tahun 2012.

"Untuk penerbangan Merpati Air, rutenya hingga saat untuk rutenya belum dapat kami ketahui nantinya tujuan mana saja yang akan dilayani," papar Suwarso.(k17/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Chandra Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper