Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BISNIS PENERBANGAN: Pasar Batam masih menggiurkan

BATAM: Pasar penerbangan di Batam masih menggiurkan bagi pelaku usaha transportasi udara menyusul akan bertambah setidaknya empat jadwal penerbangan baru di Bandara Internasional Hang Nadim pada awal tahun ini.Dari data perkembangan Bandara Internasional
News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 Januari 2013  |  14:51 WIB

BATAM: Pasar penerbangan di Batam masih menggiurkan bagi pelaku usaha transportasi udara menyusul akan bertambah setidaknya empat jadwal penerbangan baru di Bandara Internasional Hang Nadim pada awal tahun ini.

Dari data perkembangan Bandara Internasional Hang Nadim di Badan Pengusahaan Kawasan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) sampai dengan Juni 2012 tercatat jumlah penumpang mencapai 1,7 juta orang.

Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam menyebutkan jumlah penumpang hingga akhir 2012 diyakini bertumbuh jika dibandingkan pada 2011 dan tertinggi dalam lima tahun terakhir.

"Jumlah pergerakan penumpang transportasi udara terus bertumbuh dalam lima tahun terakhir dan tahun ini ada sejumlah penambahan penerbangan dari perusahaan maskapai udara," katanya, Selasa (15/1).

Pada 2011, lanjut dia, jumlah penumpang mencapai 3,4 juta orang dan pada 2010 merupakan tahun pertama jumlah penumpang di Hang Nadim menyentuh 3 juta penumpang dengan jumlah 3,3 juta orang.

Sementara pada 2009 jumlah penumpang hanya mencapai 2,9 juta orang dan 2008 sebanyak 2,6 juta orang.

Menurut Ilham, peningkatan jumlah penumpang tersebut juga diikuti penambahan rute penerbangan domestik pada tahun ini.

Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim Batam Suwarso mengungkapkan penambahan rute penerbangan dari 48 rute menjadi 52 rute pada awal 2013.

"Sehingga dalam sehari total pesawat yang datang dan terbang ada 104 penerbangan ke seluruh kota di Indonesia. Hang Nadim akan semakin sibuk,"
katanya.

Suwarso menjelaskan sejak awal tahun ini sudah berkoordinasi dengan 11 maskapai penerbangan di Hang Nadim mengenai pembahasan program-program perusahaan maskapai tersebut, namun sejauh ini baru citilink yang telah membuka resmi penerbangan rute baru.

"Dari hasil pertemuan kordinasi kita terhadap seluruh maskapai yang ada, baru Citilink yang mengajukan penambahan frekuensi dan rute baru diawal tahun ini. "terangnya.

Citilink, mulai dari tanggal 10 Januari mendatang untuk rute Batam-Padang dari satu kali akan menjadi tiga kali dalam satu harinya. Dan juga menambah satu rute baru lagi yaitu Batam-Palembang setiap harinya dua kali penerbangan dan mulai beroperasi pada 16 Januari mendatang.

Selain itu, Citylink juga berencana menempatkan dua pesawatnya dalam status standby di Bandara Hang Nadim dengan jenis ATR 500 untuk tujuan kota-kota tertentu. Hal tersebut untuk memudahkan penumpang dari daerah, seperti Natuna, Pekanbaru dan wilayah lainnya di Kepri yang akan bepergian ke Kota lainnya.

Otoritas Hang Nadim juga mengisyaratkan dalam periode Februari dan Maret 2013 maskapai penerbangan Merpati Air juga akan masuk kembali ke Hang Nadim, setelah berhenti melayani penerbangan pada tahun 2012.

"Untuk penerbangan Merpati Air, rutenya hingga saat untuk rutenya belum dapat kami ketahui nantinya tujuan mana saja yang akan dilayani," papar Suwarso.(k17/Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Chandra Gunawan

Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top