Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PETI KEMAS: Akses ke TPK Koja terhalang genangan rob

News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Desember 2012  |  10:47 WIB
JAKARTA: Pengguna jasa mengeluhkan terjadinya genangan air laut (rob) yang sudah berlangsung lebih dari satu pekan di akses terminal peti kemas Koja Pelabuhan Tanjung Priok. 
  
Kondisi ini selain menyebabkan terganggunya laju kendaraan angkutan barang dan peti kemas dari dan ke TPK Koja, juga mengakibatkan kemacetan parah pada saat menjelang sore hari di gate terminal peti kemas tersebut. 
  
“Selama musim penghujan ini, sudah lebih satu pekan akses tersebut tergenang air, tetapi tidak ada tanda-tanda untuk di perbaiki,” ujar Wakil Ketua Organda Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Tanjung Priok, Sumihar Hutagaol, kepada Bisnis hari ini, Jumat (28/12). 
  
Menurutnya, akses tersebut seharusnya masih menjadi tanggung jawab PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dan manajemen TPK Koja untuk memperbaikinya, sebab masih masuk dalam wilayah kerja sesuai dengan  ISPS code (international ship and port security). 
  
“Kami mendesak segera dicarikan solusi agar air tidak terus menggenangi akses vital tersebut,” tuturnya. 
  
Pantauan Bisnis, jalur masuk ke gate TPK Koja tergenang air hingga rata-rata 50 cm. Keadaaan ini juga menyulitkan kalangan petugas operasional jasa pengurusan transportasi dan kepabeanan (PPJK) dalam mengurus dokumen dan kargo di TPK Koja yang umumnya menggunakan sepeda motor melintasi jalur tersebut. 
  
Akibat genangan air diakses tersebut juga membuat jalan semakin banyak berlubang dan sudah beberapa kali terjadi kecelakaan motor yang terguling melintasi jalur tersebut.(K1/faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Akhmad Mabrori

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top