Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENGELOLAAN ANGGARAN Fitra Berikan Rapor Merah Pada 6 Kementerian

Wan Ulfa Nur Zuhra
Wan Ulfa Nur Zuhra - Bisnis.com 23 Desember 2012  |  18:04 WIB

JAKARTA--Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggran (Fitra) memberikan rapor merah kepada enam kementerian karena tidak mampu menyerap dan mengelola anggaran negara dengan tepat sasaran.

Keenam kementerian tersebut adalah Kementerian Negara Perumahan Rakyat, Kemenpora, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Kementerian ESDM, dan Kemenko Kesra. 

Menurut Fitra, rata-rata enam kementerian tersebut hanya mampu menyerap 20% anggaran. Akibatnya, uang rakyat yang diperuntukkan untuk program-program pembangunan dan pengentasan kemiskinan jadi terhambat.

 

“Kinerja anggaran  mereka  hingga pertengahan  2012 belum mencapai 50% sebagaimana yang ditargetkan,” ujar Direktur Riset Seknas Fitra Yenny Sucipto dalam keterangan pers Minggu (23/12). 

Dia merinci  anggaran Kemenpera pada 2012 sebesar Rp5,928,5 triliun. Namun, hingga Semester I hanya terserap Rp110,1 miliar. Kemudian anggaran Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga sebesar Rp1,757,9  triliun  pada semester I hanya terserap Rp74,6 miliar. 

Kementrian  ESDM (APBN Rp16,286.3 triliun) pada semester I hanya terserap Rp1,752.9 triliun. Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal  mendapat alokasi APBN Rp1,153.8  triliun, pada semester I hanya terserap Rp125,8 miliar. 

Adapun  Kementerian Negara Pariwisata  dan Industri Kreatif APBN Rp2,672. triliun, pada semester I hanya terserap Rp476,8 miliar. Situasi serupa juga terjado pada Kementrian Negara Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dengan APBN Rp222,3 miliar, pada semester I hanya terserap Rp42,9 miliar. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top