Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGELOLAAN ANGGARAN Fitra Berikan Rapor Merah Pada 6 Kementerian

JAKARTA--Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggran (Fitra) memberikan rapor merah kepada enam kementerian karena tidak mampu menyerap dan mengelola anggaran negara dengan tepat sasaran.

Keenam kementerian tersebut adalah Kementerian Negara Perumahan Rakyat, Kemenpora, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Kementerian ESDM, dan Kemenko Kesra. 

Menurut Fitra, rata-rata enam kementerian tersebut hanya mampu menyerap 20% anggaran. Akibatnya, uang rakyat yang diperuntukkan untuk program-program pembangunan dan pengentasan kemiskinan jadi terhambat.

 

“Kinerja anggaran  mereka  hingga pertengahan  2012 belum mencapai 50% sebagaimana yang ditargetkan,” ujar Direktur Riset Seknas Fitra Yenny Sucipto dalam keterangan pers Minggu (23/12). 

Dia merinci  anggaran Kemenpera pada 2012 sebesar Rp5,928,5 triliun. Namun, hingga Semester I hanya terserap Rp110,1 miliar. Kemudian anggaran Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga sebesar Rp1,757,9  triliun  pada semester I hanya terserap Rp74,6 miliar. 

Kementrian  ESDM (APBN Rp16,286.3 triliun) pada semester I hanya terserap Rp1,752.9 triliun. Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal  mendapat alokasi APBN Rp1,153.8  triliun, pada semester I hanya terserap Rp125,8 miliar. 

Adapun  Kementerian Negara Pariwisata  dan Industri Kreatif APBN Rp2,672. triliun, pada semester I hanya terserap Rp476,8 miliar. Situasi serupa juga terjado pada Kementrian Negara Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dengan APBN Rp222,3 miliar, pada semester I hanya terserap Rp42,9 miliar. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper