ADHI KARYA: Tiga Ruas Tol tuntas 2013

JAKARTA--PT Adhi Karya Tbk menargetkan tiga ruas tol yang digarap perseroan selesai pada 2013. Ketiga ruas tol itu Gempol-Pandaan, Nusa Dua-Benoa Seksi I dan Semarang-Bawen.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Desember 2012  |  21:02 WIB

JAKARTA--PT Adhi Karya Tbk menargetkan tiga ruas tol yang digarap perseroan selesai pada 2013. Ketiga ruas tol itu Gempol-Pandaan, Nusa Dua-Benoa Seksi I dan Semarang-Bawen.

Sekertaris Perusahaan PT Adhi Karya Tbk, Amrozi Hamidi mengungkapkan pembangunan ketiga ruas tol sebagian sudah dikerjakan 2012 dan akan diselesaikan sebagiannya pada tahun depan. Dalam pegerjaan tol itu, Adhi Karya bertindak sebagai kontraktor.

Untuk Gempol-Pandaan kontrak yang didapat Rp120 miliar. "Mudah-mudahan tol itu dapat selesai pada semester I tahun depan,”ujar Amrozi yang dihubungi Bisnis, Jumat (21/12/2012).

Adapun panjang tol Gempol-Pandaan mencapai 13, 6 kilometer. Sementara untuk tol Nusa Dua-Benoa, Adhi Karya menggarap tol yang melewati laut dangkal itu bersama PT Waskita Karya Tbk, dan PT Hutama Karya (Persero).

Amrozi menyebutkan tol dipastikan selesai tahun depan untuk mendukung event besar  Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Summit pada September tahun depan di Bali.

“Untuk tol biasanya ada target dan yang di Bali akan selesai tahun depan untuk mendukung APEC,”ujarnya.

Sementara itu, untuk tol Semarang-Bawen, salah satu bagian ruas Trans Jawa. Jalan tol Semarang-Solo dibagi dalam dua ruas yakni Semarang-Bawen dan Bawen-Solo.  Ruas Semarang-Bawen dibagi dalam dua seksi. Seksi 1, ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,85 kilometer dan sudah beroperasi sejak November.

Untuk seksi 2, Ungaran-Bawen sepanjang 11,95 kilometer menjadi ruas yang sedang dikerjakan Adhi Karya dan akan selesai pada pertengahan 2013. Seksi dua ruas Ungaran-Bawen sepanjang 11,95 kilometer dibagi dalam empat paket. Paket III dan IV sepanjang 7,15 kilometer.

Amrozi optimis ruas tol itu dapat selesai 2013 dikarenakan Adhi Karya sudah mengerjakan separuhnya dan tinggal melanjutkan yang tersisa di tahun depan. “Biasanya kontrak pengerjaan dalam 2 tahun dan tol itu akan selesai sesuai targetnya tahun depan,” papar Amrozi.

Pemegang konsesi untuk tiga ruas tol yang digarap Adhi Karya ini adalah PT Jasa Marga Tbk. Jasa Marga juga sudah menargetkan ketiga ruas tol ini dapat beroperasi 2013.

Sebelumnya Direktur Utama PT Jasa Marga, Adityawarman mengungkapkan terdapat lima ruas tol Jasa Marga yang akan beroperasi 2013. Kelima ruas tol itu antara lain tol Nusa Dua-Benoa, Ungaran-Bawen (bagian ruas tol Trans Jawa Semarang-Solo), Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2), Surabaya-Mojokerto Seksi 4 dan Gempol-Pandaan. (msb)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top