PROYEK TOL: Perbaiki ruas Tangerang-Merak, kontraktor habiskan Rp800 miliar

JAKARTA: PT Marga Mandala Sakti pemegang konsesi jalan tol Tangerang-Merak, telah menghabiskan anggaran sebesar lebih dari Rp800 miliar untuk perbaikan jalan tol sepanjang 71,7 kilometer selama empat tahun terakhir.
News Editor | 12 Desember 2012 18:28 WIB

JAKARTA: PT Marga Mandala Sakti pemegang konsesi jalan tol Tangerang-Merak, telah menghabiskan anggaran sebesar lebih dari Rp800 miliar untuk perbaikan jalan tol sepanjang 71,7 kilometer selama empat tahun terakhir.

Anggaran itu, membengkak dari perkiraan semula yang diprediksi mencapai Rp765 miliar, untuk perbaikan tersebut. Pembengkakan terjadi karena ada perubahan desain dan metodologi pengasapalan.

Presiden Direktur PT MMS Wiwiek D Santoso mengatakan rekonstruksi jalan dilakukan di jalur utama sepanjang 53,27 kilometer dan jalan akses sepanjang 18,43 kilometer.

“Memang terjadi pembengkakan biaya, karena ada ercepatan penyelesaian. Dari awal semula ditargetkan rampung 2014, bisa selesai pada 2012," ujar dia di Jakarta Rabu (12/12).

Selain merampungkan rekonstruksi, perseroan juga telah menyelesaikan penambahan lajur pada ruas Bitung sampai dengan Cikupa menjadi tiga lajur di kedua arah. Ini dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya volume lalu lintas di jalan bebas hambatan tersebut.

Selain itu, penambahan median barrier dengan wire rope dan guard rail, dan lima unit CCTV, sehingga totalnya menjadi 45 unit untuk pemantauan lajur.

Dia mengatakan dengan rekonstruksi itu, usia jalan akan kembali membaik, dan diharapkan bertahan dalam sepuluh tahun kedepan dengan pemeliharaan berkala yang akan dilakukan perusahaan.

Sementara pada tahun depan, perseroan berencana menambah lajur jalan tol sepanjang tujuh kilometer mulai dari Cikupa hingga Balaraja Barat, dengan anggaran Rp500 miliar. Pelebaran lajur ini untuk mengantisipasi kenaikan lintas harian kendaraan dari saat ini sekitar 100.000 unit kendaraan per hari, menjadi 106.000 kendaraan per hari. (arh)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Mia Chitra Dinisari

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup