Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOL BATANG-SEMARANG: Jasa Marga Siap Akuisisi 60% Saham Bakrie Toll

JAKARTA-PT Jasa Marga berencana untuk mengakusisi 60% saham PT Bakrie Toll Road pada ruas jalan tol Batang-Semarang yang sekarang ini sedang mandek pengerjaannya. Akusisi itu dalam rencana Jasa Marga akan dilakukan pada bulan November mendatang. 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 Oktober 2012  |  21:07 WIB

JAKARTA-PT Jasa Marga berencana untuk mengakusisi 60% saham PT Bakrie Toll Road pada ruas jalan tol Batang-Semarang yang sekarang ini sedang mandek pengerjaannya. Akusisi itu dalam rencana Jasa Marga akan dilakukan pada bulan November mendatang. 

Direktur Utama PT Jasa Marga, Adityawarman mengatakan pihaknya tengah menghitung besaran saham yang hendak diakusisi.

"Untuk saat ini Jasa Marga menargetkan mengakuisi 60% saham Bakrie Toll Road" ujarnya, Jumat (25/10). 

PT Jasa Marga dan PT Bakrie Toll Road dijadwalkan akan bertemu untuk membahas rencana akusisi ruas tol Batang-Semarang itu pada bulan November mendatang. "Kami akan duduk bersama untuk membicarakan proses saham tol itu" tegas Adityawarman. 

Adityawarman memaparkan jika pembicaraan itu berjalan lancar, maka Jasa Marga akan segera memulai kembali pengerjaan ruas jalan tol Batang-Semarang itu tiga atau empat bulan pasca pembicaraan itu. Diharapakan,  lanjutnya,  pada September 2013 due deligence proyek jalan tol itu dapat dilakukan. 

Hingga kini pihak Jasa Marga tengah menghitung keseluruhan nilai saham yang dimiliki PT Bakrie Toll Road sehingga dapat menentukan dengan persis nilai saham yang hendak diakuisisi itu. 

Dengan mengambil alih 60% saham, Jasa Marga akan menjadi pemilik saham mayoritas jalan tol sepanjan 75 kilometer tersebut. Walaupun demikian jika proyek itu dinailai masih cukup bagus, Jasa Marga mempertimbangkan untuk mengambil alih lebih dari 60% saham. 

"Kami masih terus melakukan pendekatan agar dengan cermat mengetahui kondisi finansial terakhir dan menentukan pertimbangan bisnis yang tepat" papar Adityawarman.Kendati berniat mengakusisi saham lebih dari 60% tetapi Adityawarman memastikan tidak akan mengakuisisi lebih dari 90%. Dalam rencananya pihak Jasa Marga akan menggandeng mitra lain untuk menggarap ruas tol yang termasuk dalam Trans Jawa itu. 

Niat Jasa Marga untuk mengambil alih pengerjaan jalan tol Batang-Semarang pertama kali bergulir pada pertengahan tahun lalu ketika mendengar mandeknya proyek itu karena masalah proses pembebasan lahan dan keterbatasan pendanaan.Menurut Adityawarman dengan mengakusisi tol Batang-Semarang maka ruas itu akan terhubungkan dengan tol Semarang Solo yang tengah digarap Jasa Marga. ""Jalan tol Batang-Semarang terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo yang kami operasikan" (if) epatnya," ungkap Adityawarman.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top