Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INFO PABEAN: BC Priok sosialisasikan prosedur kepabeanan

JAKARTA:Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Priok mensosialisasikan prosedur kepabeanan dan proses impor ekspor kepada sejumlah jurnalist yang setiap hari melakukan peliputan di pelabuhan Tanjung Priok.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Mei 2012  |  11:57 WIB

JAKARTA:Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Priok mensosialisasikan prosedur kepabeanan dan proses impor ekspor kepada sejumlah jurnalist yang setiap hari melakukan peliputan di pelabuhan Tanjung Priok.

 

"Sosialisasi ini dilakukan agar para jurnalis bisa mengetahui lebih dalam persoalan kepabeanan dan cukai agar tercipta keseimbangan dalam pemberitaan," ujar Agus Ropiyuddin, Kabid Humas dan Kepatuhan Internal Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tanjung Priok, Rabu 30 Mei 2012.

 

Dia mengatakan, Pelabuhan Tanjung Priok merupakan gerbang ekonomi nasional mengingat lebih 65% kegiatan ekspor impor di lakukan melalui Pelabuhan Priok.

 

Pada kesempatan tersebut, juga di paparkan mengenai bagan alur impor, tata laksana ekspor, kategori perusahaan importir, serta menegaskan komitmen anti pungutan liar (pungli) terhadap pelayanan kepabeanan di Bea dan Cukai.

 

Kadiv Client Cordinator KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok, Maliki Marpaung menghimbau seluruh pengguna jasa yang menghadapi masalah dengan urusan kepabeanan agar berhubungan dengan divisi client cordinator.

 

"Divisi ini baru saja dibentuk agar lebih fokus melayani pengguna jasa pelabuhan," ujarnya.

 

Dia mengatakan, saat ini kriteria importir di pelabuhan Priok yakni 20%-nya merupakan importir jalur merah, sedangkan 80%-nya merupakan importir jalur kuning dan jalur hijau.

 

Data KPU Bea & Cukai Tanjung Priok menyebutkan, penerimaan KPU Bea Cukai Priok hingga 21 Mei 2012 mencapai Rp35.429 miliar yang berasal dari Pebean Impor Rp5.771 miliar, Pabean Ekspor (Bea Keluar) Rp110 miliar, dan Pajak Dalam Rangka Impor Rp29.547 miliar. (K1/Bsi)

 

BACA JUGA:

* Indeks keyakinan konsumen AS turun ke level terendah 4 bulan

* Ini dia saham pilihan untuk perdagangan hari ini

* Tunggu pengumuman stok, harga minyak bertahan US$90,76


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Akhmad Mabrori

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top