Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CITILINK INDONESIA: Bulan depan resmi pisah dari Garuda

JAKARTA: Kementerian Perhubungan memastikan Air Operator Certificate (AOC) PT Citilink Indonesia sebagai maskapai berbadan usaha tersendiri dari induknya PT Garuda Indonesia Tbk, akan selesai pada awal Juni 2012. 
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  20:29 WIB

JAKARTA: Kementerian Perhubungan memastikan Air Operator Certificate (AOC) PT Citilink Indonesia sebagai maskapai berbadan usaha tersendiri dari induknya PT Garuda Indonesia Tbk, akan selesai pada awal Juni 2012. 

"Kami targetkan AOC Citilink baru selesai pada akhir Mei atau awal Juni 2012," kata  Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Diding Sunardi, Kamis, 10 Mei 2012.Dia menambahkan saat ini proses penerbitan sertifikat operasi terbang atau AOC Citilink sudah memasuki tahap tiga. 

Citilink telah resmi mendapat Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SIUAU/NB) atau Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) No.027 tanggal 27 Januari 2012 dari Kementerian Perhubungan.

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmojo mengatakan Citilink belum bisa berpisah dari Garuda berupa maskapai mandiri. Masih ada syarat yang harus dipenuhi.

"Citilink harus memproses Air Operator Certificate (AOC) ke Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU). Lalu setelah itu mengusulkan rute yang akan diterbangi. Baru setelah itu bisa berpisah dari Garuda," ujar Djoko.

Citilink mempunyai waktu 90 hari setelah terbit SIUAU untuk memproses AOC. Citilink sudah mengajukan 5 pesawat milik dan akan menyewa 15 pesawat pada tahun ini. Jumlah rute yang diusulkan meliputi 70 rute domestik dan 16 rute internasional. 

Direktur Marketing Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan mengatakan jika tidak ada aral melintang, maskapai Citilink, anak usaha Garuda, akan melakukan pemisahan usaha (spin off) pada Juni tahun ini. Target ini terlambat 2 bulan dari yang telah direncanakan perseroan yaitu, April tahun ini."Rencananya Citilink akan pisah dari Garuda Mei atau Juni tahun ini," ujar Elisa. (ra)

 

BACA JUGA:

>>Jangan Wait & See, Kejarlah Dolar & Obligasi

>>Sampoerna serious on bank business

>>BI Tak Bisa Mediasi Bos Femina vs Citibank Gara-Gara Potensi Keuntungan

>> SUKHOI CRASH: Police to identify victim's family to match with bodies

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top