Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ivestor Korsel keluhkan infrastruktur di Asean

 
Tusrisep
Tusrisep - Bisnis.com 18 November 2011  |  16:49 WIB

 

BADUNG: Infrastruktur Asean menjadi sorotan investor Korea Selatan yang mesti ditingkatkan guna mendukung daya tarik Asean sebagai sumber pertumbuhan baru di dunia. 
 
Dalam Asean Business & Investment Summit (ABIS) sesi Asean-Korsel, terungkap persoalan infrastruktur di wilayah Asean menjadi salah satu kendala yang masih dihadapi. 
 
Masalah infrastruktur tersebut dinilai harus segera diselesaikan sehingga dapat menarik investasi asing di tengah fokus dunia yang kini mengarah ke negara-negara Asia. 
 
Jae Beom Park, Vice President Asean-India Marketing & Sales Hancook Tire Co Ltd, mengatakan kawasan Asean kini menjadi pasar yang sangat menjanjikan. 
 
Tenaga kerja di wilayah Asean yang lebih murah dan tingginya produktivitas di Asean, menurutnya, menjadi daya tarik tersendiri bagi negara di luar anggota Asean untuk berinvestasi di wilayah itu. 
 
"Agar investor asing tertarik investasi di wilayah ini, infrastruktur harus  ditingkatkan,” ujar Jae Beom Park, di sela-sela Asean Business and Investment Summit (ABIS) 2011, hari ini. 
 
Dia mengatakan perizinan bukan lagi menjadi masalah yang menghambat saat ini. Secara khusus, dia menyorot proses perizinan di Indonesia. Berbeda dengan sebelumnya, proses perizinan di Tanah saat ini terbilang lebih cepat. 
 
Park mengaku sangat puas dengan kinerja Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat ini yang memudahkan proses perizinan usaha di Tanah Air menjadi lebih cepat sehingga dalam jangka waktu yang singkat perusahaannya mampu menyelesaikan proses perizinan. 
 
"Kami mengatasi problem kami dalam waktu yang sangat singkat. Hanya enam bulan sejak akhir Juli  tahun lalu, Hancook menyelesaikan kontrak mulai dari urusan lahan, persoalan lingkungan hingga negosiasi dengan pemerintah terkait sejumlah hal di antaranya infrastruktur," jelasnya. 
 
Hancook adalah salah satu perusahaan Korea yang melakukan investasi di Indonesia dengan total nilai US$1,2-US$1,5 miliar.   
 
Seperti diketahui, Korsel telah menjadi mitra dialog Asean sejak Juli 1991. Perdagangan dan investasi Asean dengan Korea dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top