Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Regasifikasi Arun ditender Januari 2012

 
Samantha Ardiansyah
Samantha Ardiansyah - Bisnis.com 17 November 2011  |  20:38 WIB

 

JAKARTA: PT Pertamina akan menenderkan proyek regasifikasi Arun, Aceh senilai US$374 juta pada Januari 2012, sehingga fasilitas gas alam cair (LNG) Arun bisa terintegrasi kepada konsumennya mulai 2013.
 
VP Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengatakan penyelesaian proyek regasifikasi Arun itu terdiri atas dua bagian, yakni proses prakualifikasi tender proyek konversi fasilitas LNG senilai US$73 juta, dan pembangunan pipa sepanjang 350 km senilai US$301 juta.
 
"Kalau proyek pemanfaatan fasilitas LNG Arun ini selesai, bisa menunjang kelangsungan konsumen gas di Aceh dan juga bisa dimanfaatkan menjadi infrastruktur penyedia gas bagi PLN [Persero] dan industri di Medan," ujarnya  hari ini.
 
Menurutnya, proyek regasifikasi Arun yang sudah menyelesaikan pekerjaan detail perencanaan (front end engineering design/FEED) pada Juni 2011 itu, akan didahului dengan penetapan project management consultant pada Desember 2011. Dia mengatakan proyek regasifikasi Arun yang membutuhkan biaya operasional US$4 juta tersebut diharapkan sudah beroperasi pada Januari 2013.
 
Dia menjelaskan kapasitas regasifikasi Arun direncanakan mencapai 200 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) pada tahap awal, tetapi akan selanjutnya akan ditingkatkan menjadi 320 MMscfd.
 
Sementara itu, produksi gasnya akan digunakan untuk sejumlah industri di Aceh, yakni PT Pupuk Iskandar Muda 110 MMscfd, PT ASEAN Aceh Fertilizer 60 MMscfd, PT Kertas Kraft Aceh 15 MMscfd, dan pembangkit listrik milik Pemda Aceh 22,5 MMscfd. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top