Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: PT Pertamina akan menenderkan proyek regasifikasi Arun, Aceh senilai US$374 juta pada Januari 2012, sehingga fasilitas gas alam cair (LNG) Arun bisa terintegrasi kepada konsumennya mulai 2013.
 
VP Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengatakan penyelesaian proyek regasifikasi Arun itu terdiri atas dua bagian, yakni proses prakualifikasi tender proyek konversi fasilitas LNG senilai US$73 juta, dan pembangunan pipa sepanjang 350 km senilai US$301 juta.
 
"Kalau proyek pemanfaatan fasilitas LNG Arun ini selesai, bisa menunjang kelangsungan konsumen gas di Aceh dan juga bisa dimanfaatkan menjadi infrastruktur penyedia gas bagi PLN [Persero] dan industri di Medan," ujarnya  hari ini.
 
Menurutnya, proyek regasifikasi Arun yang sudah menyelesaikan pekerjaan detail perencanaan (front end engineering design/FEED) pada Juni 2011 itu, akan didahului dengan penetapan project management consultant pada Desember 2011. Dia mengatakan proyek regasifikasi Arun yang membutuhkan biaya operasional US$4 juta tersebut diharapkan sudah beroperasi pada Januari 2013.
 
Dia menjelaskan kapasitas regasifikasi Arun direncanakan mencapai 200 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) pada tahap awal, tetapi akan selanjutnya akan ditingkatkan menjadi 320 MMscfd.
 
Sementara itu, produksi gasnya akan digunakan untuk sejumlah industri di Aceh, yakni PT Pupuk Iskandar Muda 110 MMscfd, PT ASEAN Aceh Fertilizer 60 MMscfd, PT Kertas Kraft Aceh 15 MMscfd, dan pembangkit listrik milik Pemda Aceh 22,5 MMscfd. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper