Gojek Swadaya Sediakan Ragam Program Kebaikan di Bulan Ramadan

Gojek, penyedia layanan on-demand services dari Grup GoTo berkomitmen untuk terus berupaya menjaga kesejahteraan mitra driver melalui program Gojek Swadaya
Foto: Gojek Swadaya Sediakan Ragam Program Kebaikan di Bulan Ramadan
Foto: Gojek Swadaya Sediakan Ragam Program Kebaikan di Bulan Ramadan

Bisnis.com, JAKARTA - Gojek, penyedia layanan on-demand services dari Grup GoTo terus berkomitmen untuk terus berupaya menjaga kesejahteraan mitra driver melalui program Gojek Swadaya. Program Gojek Swadaya yang telah memasuki tahun ke-8 ini merupakan inisiatif Gojek yang berangkat dari semangat untuk meringankan biaya operasional mitra driver dan keluarganya.

Menjawab antusiasme tinggi dari mitra driver pada Ramadan 2023, Gojek melanjutkan program spesial Swadaya khusus Ramadan dalam bentuk Swadaya Mudik dan Lebaran hingga Bazar Swadaya. Tak hanya itu, melalui program Berbagi Kebaikan Grup GoTo, Gojek memfasilitasi berbagai komunitas mitra driver Gojek se-Indonesia dalam melakukan kegiatan sosial untuk berbagi dengan sesama, termasuk untuk bakti sosial dan dana kemanusiaan.

Bertepatan dengan momen Ramadan 2024, Gojek Swadaya menawarkan beragam program seperti:

  1. Swadaya Mudik dan Lebaran, berbagai penawaran yang dihadirkan bersama partner Swadaya
    untuk memudahkan persiapan pulang ke kampung halaman jelang Hari Raya Idul Fitri yang
    terdiri dari:
    - Pengecekan kesehatan bersama dengan Kimia Farma dan Halodoc.
    - Persiapan dana mendesak saat libur lebaran dengan GoPay Pinjam.
    - Asuransi atau jaminan perjalanan mudik dengan Prodigi.
    - Paket Data Internet Swadaya dari Telkomsel, Tri, XL, IM3, dan Smartfren untuk kelancaran silaturahmi dengan sanak saudara.
    - Promo perawatan kendaraan di beberapa Partner Swadaya untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan mudik
  2. Bazar Swadaya, penyediaan paket sembako dengan harga terjangkau untuk mitra driver

      Chief of Public Policy & Government Relations GoTo Group Ade Mulya menjelaskan program Swadaya merupakan bentuk strategi dan komitmen jangka panjang Gojek terhadap kesejahteraan mitra driver, “Swadaya merupakan salah satu program yang konsisten kami hadirkan setiap tahun untuk meringankan biaya operasional mitra seperti voucher diskon untuk perawatan kendaraan, pulsa, dan bantuan kebutuhan sehari-hari lainnya, hingga akses ke layanan keuangan seperti tabungan, pinjaman, asuransi murah dan beasiswa anak mitra.

      Dua program khusus selama Ramadan ini lahir dari aspirasi para mitra driver mengenai pentingnya program ini untuk keberlanjutan yang positif di seluruh ekosistem Gojek.Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih atas atensi penuh dan apresiasi dari Pemerintah, termasuk Kementerian Perhubungan dalam mendukung misi kami dalam menjaga kesejahteraan mitra driver.”

      Gojek Swadaya Sediakan Ragam Program Kebaikan di Bulan Ramadan


      Lebih lanjut, Ade menjelaskan tiga program ini kembali dihadirkan pada 2024 setelah melihat antusiasme mitra driver yang sangat tinggi dalam program serupa pada lebaran 2023. Program Swadaya Mudik dan Lebaran dalam bentuk voucher perawatan kendaraan misalnya, telah diminati oleh puluhan ribu mitra driver pada 2023 dengan penghematan hingga Rp 385 juta. Tak hanya itu, promo khusus mudik saat itu mulai dari diskon tiket kereta api, elektronik, kesehatan, pakaian hari raya dan kebutuhan penunjang mudik dan lebaran lainnya juga turut dimanfaatkan oleh lebih dari 10 ribu mitra driver.

      Membantu mitra driver dan keluarganya melengkapi kebutuhan Ramadan 2024, program Bazaar Swadaya juga akan digelar di kantor operasional Gojek tiap daerah, sehingga mitra driver nantinya dapat membeli paket sembako dengan harga terjangkau. Program ini merupakan pengembangan dari program Bazaar Swadaya tahun 2023 yang telah diakses lebih dari 175 ribu mitra driver dengan nilai penghematan mencapai Rp 1,7 miliar selama periode Ramadan 2023. Bazar ini nantinya juga diikuti Mega Kopdar halal bi halal di berbagai wilayah untuk mempererat kebersamaan antar mitra driver dan karyawan Gojek.

      Penerimaan yang positif dari mitra driver terhadap program-program Gojek sejalan dengan temuan Lembaga Demografi FEB UI pada 2023, yakni 58% mitra GoCar dan 66% mitra GoRide menyatakan dukungan Gojek seperti Swadaya dapat digunakan untuk meringankan beban operasional mitra, dengan pemberian diskon pulsa, perawatan kendaraan, dan asuransi sebagai pilihan utama.

      Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi terhadap Gojek dan para mitra driver yang memiliki semangat untuk berbagi, “Di tengah rutinitas mitra driver Gojek dalam memberikan pelayanan terbaik dan mendukung perkembangan perekonomian nasional, rasa tanggung jawab sosial mereka untuk dapat terus berbagi dengan sesama sangat perlu diapresiasi.

      Solidaritas teman-teman mitra driver Gojek terlihat dalam komitmennya untuk berkontribusi lebih kepada lingkungan masyarakat di sekitarnya melalui berbagai kegiatan Bakti Sosial di bulan Ramadan ini. Harapannya, inisiatif baik dari mitra driver Gojek ini dapat menjadi inspirasi untuk seluruh masyarakat agar terus peduli dan berbagi dengan sesama. Semoga semangat kekeluargaan dan gotong royong yang telah terbangun di dalam keluarga besar Gojek bersama jutaan mitra drivernya di seluruh Indonesia dapat terus dipertahankan.”

      Dalam acara buka puasa bersama yang diselenggarakan hari ini, Kementerian Perhubungan juga meresmikan kegiatan sosial yang diinisiasi komunitas mitra driver Gojek dalam program Berbagi Kebaikan Grup GoTo. Tercatat, sebanyak tiga ton beras, 580 dus mie instan, 400 liter minyak goreng, dan 390 kilogram gula telah dibagikan kepada ribuan anak yatim piatu dan lansia oleh ratusan komunitas mitra driver Gojek di belasan Kota/Kabupaten se-Indonesia.

        Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


        Penulis : Media Digital
        Editor : Media Digital
        Konten Premium

        Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

        Artikel Terkait

        Berita Lainnya

        Berita Terbaru

        # Hot Topic

        Rekomendasi Kami

        Foto

        Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper