Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.  - Bisnis.com
Lihat Foto
Premium

Efek Domino China Bikin Bisnis Penerbangan Kembali Terbang Tinggi

Kebijakan pelonggaran pembatasan Covid-19 yang dilakukan China bisa menjadi momentum bisnis penerbangan nasional untuk bisa terbang tinggi pada tahun ini.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com
24 Januari 2023 | 13:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pelonggaran pembatasan terkait dengan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah China diprediksi bakal membuat kinerja bisnis penerbangan dalam negeri kembali 'terbang tinggi'. Bahkan, efek domino bakal terasa sampai pada pergerakan rute domestik.

Indonesia memiliki pengalaman yang baik dalam manajemen krisis selama pandemi Covid-19, yang diiringi dengan peningkatan masif aspek Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) Certified Destination. Selain itu, rasio tingkat vaksinasi per populasi yang relatif tinggi, membuat Indonesia yakin dapat menyambut wisatawan mancanegara (wisman) China dengan baik.

Berdasarkan data Kemenparekraf, jumlah kunjungan wisman ke Bali pada 2022 telah melebihi target yang ditetapkan yang hanya 500.000 orang. Sepanjang Januari – November 2022 tercatat 1.778.470 kunjungan wisman yang datang langsung melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Wisman yang paling banyak datang ke Bali periode Januari – November berasal dari Australia (511.272 kunjungan), India (145.111 kunjungan), Inggris (108.838 kunjungan), Amerika Serikat (91.248 kunjungan) dan Prancis (88.405 kunjungan).

Realisasi jumlah wisman sebesar 4,57 juta telah melebihi target yang ditetapkan yakni 3,5 juta kunjungan pada 2022. Angka ini meningkat 228 persen dari 2021 pada periode yang sama yakni hanya 1,39 juta kunjungan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimistis adanya kebijakan baru pemerintah China yang telah membuka perbatasannya sejak 8 Januari 2023 akan memberikan nilai positif bagi Indonesia dan mampu menggeliatkan kembali industri penerbangan Tanah Air.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top