Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok Mendag Zulhas Terbang ke Arab Saudi, Bawa Misi Perdagangan

Mendag Zulhas dijadwalkan terbang ke Arab Saudi pada Jumat (20/1/2023) untuk melanjutkan misi perdagangan.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan - BISNIS-Annisa Kurniasari Saumi.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan - BISNIS-Annisa Kurniasari Saumi.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, dijadwalkan terbang ke Arab Saudi pada Jumat (20/1/2023) untuk melanjutkan misi perdagangan yang sebelumnya telah dilakukan di India.

“Besok pagi saya akan ke Timur Tengah melanjutkan misi bisnis yang pada waktu itu kita lakukan ke India,” kata Zulhas dalam pembukaan rapat kerja Bappebti di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2023).

Negara pertama yang akan ditemui Zulhas adalah Arab Saudi. Pertemuan kedua negara rencananya akan berlangsung pada Senin (23/1/2023). Meski hubungan Arab Saudi dan Indonesia cukup dekat, Zulhas mengungkapkan hubungan dagang keduanya justru lebih rendah dibandingkan dengan Thailand dan Vietnam. 

Zulhas menilai, Indonesia masih dipandang sebelah mata oleh Arab Saudi. Padahal, banyak warga Indonesia yang datang ke Arab Saudi.

Berdasarkan data yang diterima pihaknya, kunjungan warga Indonesia ke Arab Saudi meningkat menjadi 2 juta dan diperkirakan akan melonjak naik hingga 5 juta dalam beberapa tahun ke depan. 

“Oleh karena itu saya berkali-kali mencoba komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi agar hubungan dagang ini bisa kita tingkatkan. Kita coba dengan perjanjian-perjanjian tapi belum berhasil oleh karena itu kita akan coba terus terutama di sektor perdagangan,” jelasnya.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Zulhas akan mengembangkan pasar-pasar baru di wilayah Timur Tengah misalnya dengan membuka gerai seperti Hypermart di Mekkah, Madinah, dan Jeddah di Arab Saudi.

Setelah dari Arab Saudi, Zulhas dijadwalkan akan berkunjung ke Mesir. Pihaknya juga akan berkunjung ke negara-negara lainnya di Timur Tengah.

Dalam misinya kali ini, Zulhas mengungkapkan dua hal yang akan dilakukannya yaitu membenahi perjanjian dagang dan melakukan kunjungan misi dagang ke negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper