Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (25/10/2022). - Istimewa. Ada Kekhawatiran dari Presiden Jokowi di Proyek IKN?
Lihat Foto
Premium

Ada Kekhawatiran dari Presiden Jokowi di Proyek IKN?

Tak kunjung munculnya investor strategis di proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dinilai menjadi sumber kekhawatiran bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Yustinus Andri & Muhammad Ridwan
Yustinus Andri & Muhammad Ridwan - Bisnis.com
05 Desember 2022 | 18:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak digaungkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih dari tiga tahun, proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus diwarnai oleh kabar ketertarikan beragam investor dari berbagai negara. Namun demikian, hingga saat ini kabar ketertarikan tersebut tak kunjung terealisasikan.

Adapun belum lama ini, Presiden Jokowi mengklaim bahwa minat investasi di IKN terbilang sangat tinggi. Bahkan dia berani mengklaim dalam jajak pasar pertama di IKN, mengalami oversubscribed dari para investor. Hal itu disampaikannya dalam acara Kompas 100 CEO Forum pada Jumat pekan lalu.

Akan tetapi, Presiden Jokowi tidak menyebutkan secara detail, apakah para investor tersebut telah menandatangan kesepakatan yang mengikat untuk merealisasikan investasinya di IKN.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, kabar minat investasi di IKN juga muncul dari gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, mengatakan gelaran tersebut telah menghasilkan nota kesepahaman investor dari Korea Selatan yakni LG dan Hyundai. Kendati demikian, sejumlah negara lainnya juga telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di IKN Nusantara.

"Kemudian dari beberapa negara Eropa, Uni Emirat Arab dan China," ujar Bahlil dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Bahlil menambahkan, perusahaan produsen listrik multinasional, Foxconn juga disebut berminat untuk masuk ke IKN Nusantara. Dia mengungkapkan Foxconn akan masuk dalam penyediaan teknologi di IKN Nusantara. Saat ini, pemerintah tengah mendiskusikan proposal yang ditawarkan Foxconn.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top