Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementerian PUPR dan Finlandia Bahas Kerja Sama Pembangunan IKN

Kementerian PUPR membahas kerja sama pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan Finlandia.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 November 2022  |  14:47 WIB
Kementerian PUPR dan Finlandia Bahas Kerja Sama Pembangunan IKN
Truk melintas di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10/2022). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membahas kerja sama pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan Finlandia.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Internasional Kementerian Luar Negeri Finlandia, Nina Vaskunlahti dan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Pekka Kaihilahti, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Basuki mengatakan pertemuan antar kedua negara tersebut berfokus pada pembangunan IKN Nusantara dalam bidang pengelolaan air limbah dan kota pintar.

"Setelah pertemuan ini, akan ditindaklanjuti oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan untuk menentukan skema kerja sama yang disepakati dan kemudian secara teknis akan ditangani oleh Dirjen sesuai bidangnya masing-masing," kata Basuki dalam keterangan resmi, Kamis (24/11/2022).

Basuki menuturkan pihaknya terbuka untuk menjalin kerja sama pembangunan IKN dengan mengedepankan inovasi teknologi baru terutama untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

Dia menambahkan pemerintah akan menjamin kemudahan perizinan investasi dan usaha konstruksi di Indonesia.

"Seluruh perizinan akan dibantu oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal dan dimonitor langsung oleh Presiden," ujarnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Internasional Kemenlu Finlandia, Nina mengatakan, sangat tertarik untuk melihat tindak lanjut dari pertemuan hari ini.

"Kami datang bersama dengan sejumlah perusahaan di Finlandia yang bergerak dalam bidang konstruksi dan inovasi teknologi untuk keberlanjutan lingkungan," ungkap Nina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN ibu kota negara Kementerian PUPR finlandia
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top