Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Sejumlah karyawan tengah memproduksi pakaian jadi di salah satu pabrik produsen dan eksportir garmen di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). Bisnis - Rachman. Noda di Perayaan 1 Abad Industri Tekstil, Sang Manufaktur Legendaris Indonesia
Lihat Foto
Premium

Noda di Perayaan 1 Abad Industri Tekstil, Sang Manufaktur Legendaris Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dihadapkan pada beragam cobaan. Risiko PHK pun kini membayangi sang legenda manufaktur,
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com
02 November 2022 | 07:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini sejatinya menjadi periode bersejarah bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia. Sebab, menurut catatan Kementerian Perindustrian, pada tahun ini industri TPT Tanah Air memasuki usia satu abad alias 100 tahun.

Adapun momentum yang dijadikan acuan usia industri TPT modern di Indonesia oleh Kemenperin adalah berdirinya Textiel Inrichting Bandoeng (TIB) pada 1922. 

Dalam sambutannya pada Juli 2022 lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, TIB merupakan cikal bakal institusi pelayanan jasa industri di lingkungan Kemenperin, terutama di industri TPT, yaitu Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Tekstil yang berlokasi di Bandung.

“TIB juga membidani pendidikan vokasi tekstil tertua di Indonesia yang sekarang bernama Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung,” ujarnya, pada 19 Juli 2022.

Sejak saat itu, Indonesia pun berkembang menjadi salah satu pemain utama TPT dunia. Hal itu tak lepas dari bertumbuh pesatnya industri TPT di Indonesia, yang salah satunya tercermin dari adanya pelaku usaha dari sisi hulu hingga hilir di industri tersebut.

Di samping itu, dalam beberapa dekade terakhir, sektor tersebut pun menjadi salah satu industri manufaktur unggulan di Indonesia. Sebab, TPT merupakan industri yang konsisten menjadi kontributor dan tulang punggung ekspor di sektor industri pengolahan. Kemenperin mencatat, pada 2021 lalu, ekspor industri TPT berkontribusi terhadap total ekspor nasional sebesar 5,67 persen. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top