Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Logo Tesla Inc terpampang di sebuah unit mobil listrik buatan perusahaan tersebut di Fremont, California, AS, Senin (20/7/2020). - Bloomberg/Nina Riggio
Lihat Foto
Premium

Tesla di Antara Optimisme Pemerintah dan Fenomena Industri Baterai Listrik

Keyakinan dan optimisme tinggi terkait realisasi investasi Tesla di Indonesia digaungkan oleh pemerintah. Bahkan Tesla dan Elon Musk diyakini bakal merealisasikan investasinya pada tahun ini.
Nyoman Ary Wahyudi & Pernita Hestin
Nyoman Ary Wahyudi & Pernita Hestin - Bisnis.com
18 Mei 2022 | 16:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat dan menemui Elon Musk, seolah membangkitkan kembali optimisme terkait dengan rencana investasi Tesla Inc. ke Indonesia.

Maklum, sebagai salah satu produsen terbesar nikel di dunia, Indonesia berharap salah satu raksasa kendaraan listrik dapat merapat dan berinvestasi di Tanah Air. Seperti diketahui, nikel sejauh ini masih menjadi salah satu bahan baku penting untuk pembuatan baterai kendaraan listrik.

Adapun, kehadiran Presiden Jokowi di Gedung Stargate, yang merupakan area pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/5/2022), diharapkan dapat makin meyakinkan Musk untuk segera berinvestasi di Indonesia. Sebab, kabar mengenai rencana investasi Tesla telah berlangsung cukup lama dan tak kunjung terealisasi.

Optimisme terkait dengan kepastian investasi Tesla di Indonesia pun disampaikan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Seperti dilansir dari Antara, Rabu (18/5/2022), Bahlil menyebut Tesla berminat untuk investasi terkait ekosistem baterai mobil dan mobil listrik di Indonesia.

"Tesla insyaallah akan masuk ke Indonesia. Dia (Tesla) akan masuk pada dua bagian investasi besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil. Yang kedua adalah mobilnya," kata Bahlil dalam Road to G20: Investment Forum, seperti dikutip dari Antara.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top