Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kantor pusat PT Aneka Tambang atau lebih dikenal dengan Antam di Jakarta, Senin (14/1 - 2008). Bloomberg / Dimas Ardian
Lihat Foto
Premium

Pengembangan Baterai Mobil Listrik ANTM dan Magnet Insentif Pemerintah

Emiten produsen tambang PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) mengambil ancang-ancang penuh dalam pengembangan baterai mobil listrik, menyambut gayung rencana insentif industri hilir nikel oleh pemerintah.
Nyoman Ary Wahyudi & Mutiara Nabila
Nyoman Ary Wahyudi & Mutiara Nabila - Bisnis.com
13 Mei 2022 | 11:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah pusaran daya tarik rencana pengembangan ekosistem baterai mobil listrik di Indonesia, PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) mengambil ancang-ancang penuh, seiring dengan rencana pemerintah menggelontorkan insentif bagi industri hilir nikel yang bakal menjadi magnet.

Dalam inisiasi pengembangan tersebut, emiten bersandi saham ANTM ini tergabung dalam Mining Industry Indonesia (MIND ID) yang juga terkonsolidasi dengan Indonesia Battery Corporation (IBC).

Bulan lalu, ANTM sudah melakukan kerja sama dengan dua perusahaan, yakni melalui penandatanganan Framework Agreement antara IBC dengan PT Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co, Ltd (CBL), dan LG Energy Solution (LGES).

Direktur Utama Antam Nico Kanter mengatakan detail proyek baterai kendaraan listrik yang akan dikembangkan masih dalam proses studi bersama para mitra, meliputi aspek kapasitas, waktu dan lokasi.

Namun dia menjabarkan, lingkup proyek yang dijalankan ANTM bersama jajaran mitranya mencakup penambangan dan pengolahan bijih nikel, yang selanjutnya akan digunakan untuk memproduksi bahan baku baterai, pembuatan baterai, dan daur ulang baterai oleh IBC.

"Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi salah satu pemain baterai terbesar di dunia, serta dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem electric vehicle, membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan tenaga kerja dalam negeri dan tingkat kompetitif dari industri electric vehicle dalam negeri, serta penggunaan baterai untuk kebutuhan lainnya," kata Nico kepada Bisnis, Rabu (12/5/2022).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top