Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Perajin membuat tempe berbahan baku kedelai impor yang kini harganya naik dari Rp9.600 menjadi Rp10.300 per kilogram di sentra perajin tempe di Sanan, Malang, Jawa Timur, Selasa (11/1 - 2022). ANTARA FOTO / Ari Bowo Sucipto
Lihat Foto
Premium

Kado Awal Tahun, Sengkarut Pangan Terulang Mulai Minyak Goreng hingga Kedelai

Sengkarut pangan kembali terulang pada awal tahun ini. Masyarakat harus dipusingkan dengan mahal dan langkanya minyak goreng hingga harga kedelai yang terus naik.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com
23 Februari 2022 | 16:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Sengkarut pangan kembali terulang pada awal tahun ini. Melonjaknya harga crude palm oil (CPO) mengerek naik harga minyak goreng. Tak berhenti sampai di situ, harga kedelai juga terus merangkak naik akibat ketidakstabilan geopolitik dan cuaca di negeri pengimpor.

Awalnya, kenaikan harga CPO memang berdampak positif terhadap neraca perdagangan yang sukses mencetak surplus sejak Mei 2020. Pada Januari 2022, surplus neraca perdagangan tercatat di angka US$0,93 miliar, lebih rendah dari capaian Desember 2021 senilai US$1,01 miliar.

Merujuk data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor pada 2021 mencapai US$231 miliar. Angka ini naik dalam 10 tahun terakhir, yaitu US$203 miliar pada 2011. CPO dan turunannya berhasil menyumbang US$33,83 miliar diikuti oleh besi baja, elektronik, dan industri mobil.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bustanul Arifin mengatakan memang CPO sedang melesat naik, tetapi berdampak pada harga minyak goreng di Indonesia.

“Harga CPO naik 100 persen akibat pemanfaatan energi yang naik hingga 24 persen dalam dua tahun terakhir, sehingga meningkatkan harga minyak goreng, dan menimbulkan persoalan baru di dalam negeri,” ujarnya dalam Gambir Trade Talk, Rabu (23/2/2022).

Pemerintah sebenarnya telah melakukan sejumlah upaya untuk melakukan stabilisasi harga minyak goreng sejak akhir tahun lalu mulai dari menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET), kebijakan domestic market obligation (DMO) hingga domestic price obligation (DPO).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top