Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja memanen kelapa sawit di Desa Rangkasbitung Timur, Lebak, Banten, Selasa (22/9 - 2020). ANTARA FOTO / Muhammad Bagus Khoirunas
Lihat Foto
Premium

Jalan Panjang Menuju Insentif untuk Label Hijau Sawit

Para petani swadaya sadar betul, sertifikasi kelapa sawit adalah satu-satunya cara untuk menembus dunia. Sebab, dari sekitar 47 juta ton produksi minyak sawit Indonesia pada 2020, lebih dari 70 persennya atau 34 juta ton dikirim ke pasar luar negeri.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com
08 Februari 2022 | 11:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Forum Petani Swadaya Merlung Renah Mendaluh akhirnya memperoleh sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil pada 2017, setelah melalui proses audit yang panjang selama dua tahun. Upaya itu berbuah manis.

Hampir tujuh tahun ditetapkan sebagai lubuk larangan, Sungai Batang Pengabuan di Desa Sungai Rotan, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, kini lebih jernih. Selain menjadi sumber air dan sumber pangan andalan bagi warga, kawasan restorasi ini sekarang ramai dikunjungi pelancong lokal yang hendak memancing, atau sekadar menikmati pemandangan dari jembatan gantung yang melintasi sungai.

“Dulu, ikan payah kami mencari. Airnya pun kotor,” kata Siti Saleha dalam video yang diunggah Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Fortasbi) pada Januari 2021.

Handuk berwarna soga tampak melingkar di leher perempuan paruh baya itu. Warga Desa Sungai Rotan—tempat Siti tinggal yang berjarak sekitar 4 jam perjalanan darat ke arah barat laut dari Kota Jambi—biasa beraktivitas di pinggir sungai, saban pagi. Seorang pria menciduk air, lantas mengguyurkannya ke tubuh bocah. Para perempuan membilas pakaian. Anak-anak bergantian melompat dari dahan pohon, menceburkan diri ke sungai, byurr...

Lubuk larangan adalah kesepakatan bersama yang ditetapkan menjadi aturan adat, berupa larangan menangkap ikan dengan cara apa pun. Lubuk larangan Sungai Batang Pengabuan membentang sepanjang 500 meter, di Desa Sungai Rotan, berstatus wilayah nilai konservasi tinggi 5 (NKT 5).

Restorasi sungai ini sebagai bentuk insentif atas komitmen pengelolaan kebun kelapa sawit berkelanjutan. Para pekebun yang tergabung dalam Forum Petani Swadaya Merlung Renah Mendaluh memperoleh sertifikat RSPO pada 2017. Label ‘primadona’ ini disematkan setelah melalui proses audit yang panjang sejak 2015.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top