Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Alat berat membersihkan area penimbunan batu bara. -  Bloomberg / Nicolo Filippo Rosso
Lihat Foto
Premium

Masa Emas Batu Bara di Tengah Upaya Transisi Energi

Tidak ada ramalan tahun ini menjadi masa paling membahagiakan bagi industri batu bara dan migas. Hal ini seiring dengan permintaan bahan bakar fosil yang turun sejak 2020 saat pandemi Covid-19 meluas di seluruh dunia. 
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com
31 Desember 2021 | 07:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Komoditas batu bara hingga gas bumi mencapai masa keemasan pada 2021 di tengah langkah dunia mulai meningkatkan bauran energi baru terbarukan sebagai penopang utama energi di masa depan. 

Sebelumnya, tidak ada ramalan tahun ini menjadi masa paling membahagiakan bagi industri batu bara dan migas. Hal ini seiring dengan permintaan bahan bakar fosil yang turun sejak 2020 saat pandemi Covid-19 meluas di seluruh dunia. 

Sementara itu, di Indonesia, penyebaran virus ikut melumpuhkan perekonomian. Akibatnya, industri ritel hingga manufaktur lesu. Bahkan beberapa di antaranya terpaksa gulung tikar atau melakukan efisiensi seperti pengurangan tenaga kerja. Dampak ini jelas berdampak pada menurunnya konsumsi listrik.  

Kebangkitan ekonomi mulai terasa saat memasuki semester II/2021. Setelah dunia menggalakkan vaksinasi Covid-19, aktivitas masyarakat maupun industri berangsur pulih. Meski terlihat positif, namun hal ini berdampak signifikan pada kenaikan harga komoditas bahan bakar fosil.

Di Eropa misalnya, harga gas bumi mengalami lonjakan tajam setelah sempat anteng di kisaran US$2,5 – US$3,1 per MMBtu sepanjang Januari–Juni 2021. Peningkatan harga gas alam kemudian tidak lagi dapat dibendung, hingga akhirnya mencapai rekor tertinggi yakni US$6,3 per MMBtu pada 5 Oktober 2021. 

Kenaikan ini disebabkan oleh tingginya permintaan gas dari sejumlah negara maju. Sebabnya, perekonomian di Benua Biru berangsur pulih yang berbuntut pada meningkatnya kebutuhan bahan baku industri termasuk bahan bakar energi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top