Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Petugas Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan pemeriksaan rutin panel di Gardu Induk 150 KV Mampang Dua, Jakarta. / Antara
Lihat Foto
Premium

Perombakan Direksi PLN, antara Pusaran Politik dengan PR Besar Transisi Energi

Meski terkesan tiba-tiba, desas-desus perombakan direksi perusahaan setrum sudah berhembus lama.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com
07 Desember 2021 | 21:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Perombakan jajaran direksi PT PLN (Persero) terbilang mendadak. Di tengah kinerja positif yang dicapai perusahaan, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dicopot dari jabatannya. 

Keputusan itu berdasarkan rapat umum pemegang saham (RUPS) lewat keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara. Sebagai pengganti, Erick Thohir mengangkat Darmawan Prasodjo sebagai Dirut baru perseroan. 

Meski terkesan tiba-tiba, desas-desus perombakan direksi perusahaan setrum sudah berhembus lama. Kecurigaan itu dimulai dengan pemanggilan direksi dan komisaris PT PLN (Persero) serta PT Pertamina (Persero) di Istana Kepresidenan pada 16 November lalu.

Jokowi mengutarakan kekesalannya kepada dua perusahaan plat merah ini. Presiden menyinggung soal penggunaan batu bara untuk bahan bakar energi milik PLN masih cukup besar. Padahal RI telah berkomitmen menekan penggunaan energi fosil. 

Eks Gubernur DKI ini juga menyentil Pertamina terkait lambatnya pengerjaan proyek pembangunan kilang minyak baru atau grass root refinery (GRR) dan kilang petrokimia PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Tidak sampai di situ, kedua perusahaan itu dikritik akibat adanya ‘penumpang gelap’ setiap kali mendapat penugasan tertentu dari negara sehingga membuat Presiden berang. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top