Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pertandingan La Liga antara FC Barcelona dan Real Sociedad di televisi di sebuah bar di Barcelona, Spanyol, pada Minggu 15 Agustus 2021.  - Bloomberg
Lihat Foto
Premium

Upaya Barcelona dan Real Madrid Menggulingkan Investor LINK Net

Barcelona, Real Madrid dan Athletic Bilbao berupaya menawarkan proposal 'dana bantuan' kepada klub Liga Spanyol, guna membendung kontrak kerja sama yang dinilai memberatkan dari CVC Capital Partners.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com
03 Desember 2021 | 17:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Polemik pengelolaan dan penyelamatan La Liga alias Liga Spanyol masih terus bergulir. Terbaru, Barcelona, Real Madrid da Athletic Bilbao bersatu untuk ‘menghambat’ upaya investor PT Link Net Tbk, (LINK) yakni CVC Capital Partners untuk menyuntikkan dana ke La Liga.

Seperti diketahui, sejak sebelum musim 2021/2022 bergulir, polemik mengenai karut-marut keuangan klub Liga Spanyol bermunculan akibat pandemi Covid-19. Hal itu membuat LFP selaku operator Liga Spanyol menelurkan terobosan.

Terobosan itu berupa upaya La Liga menawarkan kepada CVC Capital Partners untuk hadir sebagai investor liga tersebut. Sekadar catatan, CVC Capital Partners adalah salah satu pemegang saham terbesar PT Link Net Tbk (LINK). Kepemilikan saham CVC tersebut melalui Asia Link Dewa Pte. sebesar 35,55 persen.

Adapun, adanya CVC Capital akan membuat La Liga berpeluang mengamankan pinjaman supermasif senilai 2,7 miliar euro atau sekitar US$2,3 miliar.

Dalam kesepakatan kerja sama itu, dari 2,7 miliar euro suntikan dana itu, sekitar 90 persennya akan disalurkan ke klub-klub Liga Spanyol sebagai bentuk ‘subsidi’ dalam bentuk pinjaman lunak.

Namun demikian, sebagai kompensasinya, CVC Capital berhak menguasai 10 persen saham di perusahaan baru La Liga yang akan menaungi kompetisi Liga Spanyol yang bernama La Liga Impulso.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top