Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kebun Sawit.  - Sinar Mas Agribusiness
Lihat Foto
Premium

Moratorium Sawit Menggantung dan Ancaman Aturan Baru Uni Eropa untuk CPO

Uni Eropa tengah menyiapkan aturan baru, yang berpeluang membendung masuknya produk hasil deforestasi termasuk minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan produk turunannya. Di sisi lain, pemerintah tak kunjung memutuskan kelanjutan moratorium lahan sawit.
Yustinus Andri & Nyoman Ary Wahyudi
Yustinus Andri & Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com
23 November 2021 | 16:34 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya Uni Eropa untuk membendung produk minyak sawit tampaknya masih belum berhenti. Setelah memberlakukan kebijakan Renewable Energy Directive (RED) II dan Delegated Regulation, kini blok negara Eropa itu membentuk aturan baru yang bisa menghambat ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan produk turunannya ke kawasan itu.

Adapun, Uni Eropa (UE) saat ini sedang berupaya meluncurkan aturan baru bagi perusahaan yang menjual enam komoditas utama dalam upaya untuk membendung deforestasi global.

Komisi Eropa, yang merupakan badan eksekutif UE, menginginkan peraturan tersebut mencakup minyak sawit dan komoditas lain seperti kedelai, daging sapi, kayu, kakao dan kopi, serta beberapa produk turunan seperti cokelat, kulit, dan furnitur.

Seperti dilansir dari Bloomberg, rencana tersebut akan membutuhkan dukungan dari negara-negara anggota dan Parlemen Eropa untuk mulai berlaku.

“Ini tentang tanggung jawab kita sebagai salah satu ekonomi terbesar, yang sayangnya mendorong deforestasi dan degradasi hutan di wilayah lain. Dengan proposal ini, kami mengirimkan pesan yang sangat jelas bahwa kami memimpin dalam mengatasi masalah ini.” kata Komisaris Lingkungan Uni Eropa Virginijus Sinkevicius seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (23/11/2021).

Uni Eropa berusaha menjadi pemimpin dunia dalam perang melawan perubahan iklim. Proposal aturan itu diperkirakan membantu melestarikan keanekaragaman hayati dan mengurangi emisi karbon tahunan setidaknya 31,9 juta ton, menurut perkiraan Komisi Eropa.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top