Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pertamina Mandalika SAG Team - Antara
Lihat Foto
Premium

Ambisi Besar Pertamina di Sirkuit Mandalika

Pertamina Mandalika International Circuit menjadi salah satu ambisi besar PT Pertamina (Persero) membawa Indonesia dan juga perusahaan ke kancah dunia melalui ajang balapan berskala internasional.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com
30 Oktober 2021 | 12:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - 24 tahun absen dari gelaran balap kelas utama di kancah internasional, Indonesia akhirnya kembali tampil untuk menyambut pebalap-pebalap kelas dunia. Publik Indonesia akan segera dimanjakan tontonan secara langsung, di mana para pebalap dunia memacu kuda besinya di Pertamina Mandalika International Circuit.

Sekadar catatan, ajang balapan motor kelas utama berskala internasional di Indonesia, terakhir kali digelar setahun sebelum krisis moneter terjadi pada 1998. Praktis sejak saat itu, sudah lebih dari dua dekade, Indonesia hanya menjadi penikmat balap internasional melalui layar kaca.

Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah untuk Indonesian Motorcycle Grand Prix yang digelar di Sentul International Circuit pada 1996. Saat itu, 3 kelas balapan digelar yakni 125cc, 250cc, dan 500cc.

Balapan tersebut berlanjut pada 1997 dengan nama-nama pebalap kesohor tercatat menjadi juara. Ada nama Valentino Rossi yang tercatat sebagai pemenang di kelas 125cc dan Max Biaggi yang menjuarai kelas 250cc.

Sayangnya, krisis ekonomi yang terjadi di kawasan Asia pada saat itu membuat Indonesia harus absen dari gelaran tersebut pada musim 1998. Eksistensi Indonesia pada ajang gelaran balap internasional seakan redup sejak saat itu.

Kini, hasrat masyarakat untuk menyaksikan langsung balapan dunia akan terobati dalam waktu dekat. Sebab  pada 23 Februari 2019  Indonesia menyatakan akan mengikuti gelaran balap MotoGP.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top